24 August 2017

Makanan Tepat Untuk Kucing Kesayangan



 
Holaa..

Memelihara binatang sebenarnya udah aku lakukan sedari kecil. Dari kecil suka dan gemes banget sama yang namanya kucing. Diijinkan buat memelihara kucing juga dari lahir sampai udah gede. Walaupun kucing tersebut tergolong ke jenis kucing kampung, tapi, setidaknya aku dan adikku berusaha untuk menjaga kesehatannya dengan rajin memandikannya.

Beranjak dewasa, setelah lama tak memelihara kucing, akhirnya mendapat kesempatan kembali untuk memelihara kucing. Kali ini jenisnya adalah kucing angora tapi campuran sama kampung. Karena kata yang punya, bapaknya si kucing ini memang kucing kampung. Senengnya hatiku dan adikku bisa memelihara kucing lagi. Awalnya pemalu banget. Sampai-sampai sekarang udah manja banget. Tiap aku pulang kerja, udah nungguin di depan pintu. Kemudian minta dielus-elus. Malam juga seperti itu. Tiap aku tidur, pintuku selalu dia garuk minta masuk, alhasil tiap dua jam sekali pasti bangun buat bukain pintu si mpuss.
  
Karena sekarang udah gede, alhasil aku sama adikku banyak belajar bagaimana cara merawat binatang apalagi itu kucing. Kebetulan adikku kuliah di peternakan, jadi sedikit banyak adikku tahu dan paham bagaimana merawat kucing. Dari memandikan, membersihkan kotoran telinganya, mengajak kucing berkomunikasi, membuang kotorannya, takaran memberikan makan juga udah paham.

Nah, belajar dari pengalaman lalu, akhirnya aku dan adikku juga belajar bagaimana Tips Mengadopsi Kucing. Kebetulan banget pemilik awal kucingku sekarang ini adalah dokter hewan, dan dia sewaktu mau pindah rumah, langsung menghubungi adikku untuk menanyakan apakah adikku bersedia mengadopsi kucingnya tersebut. Diskusi panjang lebar sama Bapak dan Ibu, akhirnya diijinkan. Memang dilihat sekilas gampang, tapi ternyata nggak segampang yang dibayangkan. Banyak banget yang aku dan adikku pelajari dari temen adik yang dokter hewan ini.

 

Ternyata setelah sekian lama nggak memelihara kucing, banyak yang nggak aku dan adikku ketahui tentang merawat kucing kami ini. Karena dulu memelihara kucing kampong yang tentu saja makanannya nasi dicampur ikan asin, kemudian dimandiin pas kucingnya ada di rumah. Kalau yang sekarang ini benar-benar harus memperhatikan banget. Karena kucing yang kami adopsi ini apa yaa namanya, campuran antara kucing kampung dan kucing angora. Jadi benar-benar harus kami perhatikan sekali step by step memelihara kucing ini.

Seperti misalnya, kami membeli peralatan kebersihan untuk kucing kami, gunting kuku, sisir, shampoo, serokan pasir, tempat makan, dan lain-lain. Dan memperhatikan jadwal vaksin kucing kami ini. Karena saat diadopsi sudah berusia satu tahun, alhasil vaksinnya dilakukan setiap satu tahun sekali. Bergantian dan baru paham saat dijelaskan sama dokter hewan langganan yang kami undang ke rumah. Kemudian saat dimandikan juga harus tahu kadar airnya. Panas dan dinginnya. Kemudian saat kucingnya terserang kutu, kami putuskan untuk menetesi obat kutu yang tentunya ditetesi oleh dokter hewan. Banyak banget yaa ternyata yang kami pelajari awal saat memelihara kucing kami ini. 

Lalu adakah persiapan yang harus dilakukan sebelum kita memelihara dan merawat kucing? Aku kasih tau yaa..



  •    Berikan makanan kepada kucing kita sesuai dengan usianya. Jangan sekali-kali memberikan makanan kucing yang masih kecil dengan makanan kucing yang sudah dewasa. Perhatikan juga kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan kucing tersebut.

  • Pengalaman pribadi, aku membeli tempat makan yang memang ada takarannya. Niatnya sih biar si mpuss nggak makan terus tapi nyatanya tiap 2 jam sekali minta makan terus. Yang jelas sih, jangan sampai lupa buat nyediain makanan serta minuman di tempatnya masing-masing. Dan perhatikan juga, ajari si kucing untuk makan sendiri.
  • Sediakan selalu pasir pada tempat si kucing buang hajat. Jangan biarkan pasir tersebut habis, atau lupa tak dibersihkan saat si kucing selesai buang hajat. Sediakanlah pasir yang beraroma, kegunaannya untuk menghilangkan bau yang tak sedap
  • Biasakan untuk mengambil kotoran kucing menggunakan serokan pasir. Setidaknya membuat tangan kita nggak cepat kotor. Tapi, jangan lupakan juga, setelah selesai membersihkan kotoran kucing memakai serokan pasir, kamu juga harus cuci tangan.

Buat kalian yang lagi merawat atau merencanakan merawat kucing, kalian bisa memperhatikan hal-hal tersebut. Selamat memelihara kucing.

1 comment on "Makanan Tepat Untuk Kucing Kesayangan"
  1. Samaa..aku juga suka kucing. Dulu pernah punya si Kimo, campuran kucing kampung-persia, tapi ilang... Padahal udh jinak banget.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature