09 July 2017

Pencarian Host Buku di Peeky Book Tourian




Hola..

Yeayyy, akhirnya bisa balik lagi disini. Maaf, kalau terlalu lama nggak nulis. Beneran bingung mau nulis apa. Padahal utang tulisan masih banyak. Ide ada hanya saja eksekusinya yang terlalu macet.

Alhamdulillah, udah masuk bulan Juli. Saatnya buat merefresh rencana di semester dua ini. Apa rencana kawan My Scrap Book semuanya?

Nah, kali ini aku mau nulis soal satu komunitas online. Komunitas yang bergelut di bidang buku. Kenapa soal buku, karena aku suka banget baca buku. Udah baca blog bukuku belum? Atau follow IG bukuku? Kadang sebel sih, IG bukuku dianggap olshop sama sebagian besar orang. Mungkinkah mereka nggak membaca bio yang udah aku tulis di IG bukuku? Sedih, sebel, padahal udah dijelasin juga lho. Sudahlah.
 
 

Jadi, ada satu komunitas online yang disana kegiatannya berpusat pada pencarian host dari sebuah event buku. Nama komunitasnya adalah Peeky Book Tourian. Event bukunya apa aja sih biasanya? Ada blog tour, book tour, Obrolin buku, giveaway, dan lain-lain. Ternyata eh ternyata udah banyak juga lho eventnya disana. Udah banyak kerjasama juga dengan penulis-penulis beken dan penerbit-penerbit beken di Indonesia. Salut banget sama kerjasama komunitas online ini.

Sistem pencarian hostnya pun dishare langsung di Instagram, Fanpage bahkan FB Group. Dan terbuka banget pencariannya. Kebanyakan yang ikutan memang yang belum pernah merasakan menjadi host kalau yang aku lihat. Dan kalau dilihat dari profil yang dipilih pun, memang kebanyakan yang suka baca buku dan juga sharing bacaannya ke sosmed mereka.




Dari yang aku lihat, rata-rata di tiap eventnya pasti hostnya berbeda-beda. Dan followersnya juga berbeda-beda. Intinya sih, Peeky Book Tourian ini memilih host dari setiap event yang mereka share nggak memandang followersnya harus berapa ribu. Asalkan postingan sosmed mereka berisikan review buku, foto-fotonya cantik dan punya blog atau goodreads, udah pasti diajak. Tapi, mungkin bisa juga dengan beberapa permintaan dari penulis atau penerbit juga.

Sebenarnya, boleh dibilang komunitas Peeky Book Tourian ini masih baru, tapi yang membuat salut itu kalau dilihat di salah satu postingannya adalah ingin berbagi bahagia dengan teman-teman yang belum pernah merasakan menjadi host dari event buku. Oh yaa, nama sapaan dari followers Peeky Book Tourian ini adalah gengs. Idenya benar-benar bagus banget menurut aku. Biar merata juga, jadi nggak ada kesenjangan sama sekali. Walaupun pastinya banyak komunitas di luar sana yang mungkin setipe dengan Peeky Book Tourian, tapi setidaknya Peeky Book Tourian mengusung konsep sendiri.

Dua pendirinya boleh dibilang aktif banget buat menjawab segala pertanyaan dari followersnya. Dan juga pendirinya suka banget baca buku. Terlebih lagi, kalau dilihat dari postingan Instagram pendirinya, isinya buku semua. Mereka juga kerap mempromosikan Peeky Book Tourian ini di akun Instagram mereka sendiri. Nggak misterius juga sih pendirinya. Yang jelas, jika kamu pecinta buku, pasti udah tau aja nama mereka berdua.

Jadi, kalau kalian hobi baca buku, pingin ikut merasakan menjadi host di berbagai event buku, bolehlah follow sosmed mereka. Dan apabila ada penulis atau penerbit yang ingin bekerjasama dengan Peeky Book Tourian, bisa langsung menghubungi kontak yang ada di profil Instagramnya.

4 comments on "Pencarian Host Buku di Peeky Book Tourian"
  1. join, join yukkk :-D
    harus didukung dan disupport kegiatan yang menebar manfaat kek begini
    sukses ya Asri

    ReplyDelete
  2. bakal langsung cuss intip ig nya. aku jg suka buku, dulu niat bgt mau bikin ig buku. tappiii ahsudahlaah XD

    ReplyDelete
  3. kayaknya menarik untuk di follow nih komunitasnya

    ReplyDelete
  4. waah makin rame aja ya komunitas buku :) sukses teruss

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature