30 January 2017

Komentar di Blog itu Gimana sih?




Ada yang pernah baca TL di sosmed saya yang lain? Aku share sedikit disini yaa.. Mohon maaf kalau tulisanku ini mengganggu dan mungkin kalian yang baca nggak berkenan buat baca, boleh kok kalau mau block atau unfriend atau unfolllow atau remove aku dari daftar pertemanan kalian..

Menulis suatu tulisan itu tujuannya untuk apa sih? Sharing kan? Memberi informasi, pengetahuan, ilmu buat mereka semua kan? Mereka disini, siapa? Pembaca tentu saja. Kemudian, jika someday, tulisan tersebut di kritik demi agar tulisan tersebut menjadi lebih layak untuk dibaca, kenapa harus protes? Kenapa kemudian dihapus dan di blokir?

Kritikan sepedas apapun, itu juga demi kalian kan yang menulis suatu tulisan, tapi, sebaiknya gunakanlah bahasa yang sopan dan santun. Balikkan ke diri kita, kalau kita dikritik seperti itu bagaimana, dengan bahasa yang nggak baik. Terimakah kalian? Pastinya nggak kan? Sakit hati? Tentu aja, bukan?
  
Pernah, kemarin tulisanku dikritik habis-habisan oleh seseorang, awalnya marah, namun, lambat laun, aku paham, jika itu untuk kebaikanku juga, agar tulisanku nantinya menjadi lebih layak lagi untuk dibaca. Thanks to kamu, yang aku lupa nama akunmu.

Satu hal lagi, jangan lupakan riset. Sekecil apapun riset yang digunakan, itu berguna lhoo.. Kebanyakan penulis yang sudah aku ajak untuk berbincang-bincang, kebanyakan menggunakan riset untuk tulisan mereka.

Kalau memang tidak berniat dikritik, berikan alasannya kenapa. Kritikan dari pembaca itu bukan untuk menjatuhkan lhoo.. tapi, karena mereka sayang akan karyamu.

Tapi, jangan lupakan tata krama dan sopan santun yaa. Itu penting banget lho. Walaupun udah kenal akrab, tapi alangkah baiknya jika bahasa yang digunakan itu sopan saat memberikan komentar di blog atau sosmed. Karena bisa jadi persepsi masing-masing orang itu berbeda-beda lho.

Nah, aku mau share etika berkomentar nih disini. Apa aja sih? Cekidot yuk..

1.    Perkenalkan Namamu
Ini penting lho. Kan kalau di diskusi umum, biasanya kalau mau berkomentar atau bertanya, ditanyain namanya dulu kan yaa sama moderator. Nah, di sosmed pun juga penting. Tapi, kalau bisa namanya yang wajar yaa. Jangan seperti ini NamakuCantikCintaAyangSelalu. Duh, mumet seketika deh.

2.    Gunakan bahasa yang sopan dan santun
Kalau ini udah pasti kan ya. Intinya gini, kalau nggak pingin timbul masalah di kemudian hari, lebih baik gunakan bahasa yang baik. Dan dijelaskan juga maksudnya apa. Karena persepsi masing-masing orang berbeda lho.

3.    No SARA
Kalau ini menurut aku penting sih tiap kali mau berkomentar di status atau postingan teman. Benar-benar nggak mau komentar yang SARA, yang nantinya malah menimbulkan perdebatan panjang dan bisa membuat tali silaturahmi terputus seketika *pedih*

4.    Berbesar hati
Kalau semisal komentar kita dikomentarin balik sama orang lain dan membuat kita panas hati, lebih baik dinginkan dulu. Jangan sampai saat hati dan pikiran panas, menjawab komentar tersebut dan pada akhirnya berujung perang komentar di sosmed.

5.    Japri langsung
Apabila sekiranya komentarmu menjurus ke hal yang kurang baik dan menimbulkan perdebatan, ada baiknya untuk langsung menghubungi yang bersangkutan.

Mungkin beberapa etika ini bisa ditambahkan jika memang masih kurang. Langsung komentar di kolom komentar aja yaa. Kalau ada yang pernah membuat postingan yang satu tema, boleh lho kalau mau share linknya di kolom komentar. Siapa tahu bisa aku masukkan ke tulisanku ini. 

Tulisan ini dibuat karena aku ingin sharing.. 
Karena Sharing is Caring.
2 comments on "Komentar di Blog itu Gimana sih?"
  1. Notes banget nih, Asri. Memang perlu kebesaran hati untuk menerima kritik, dan nggak semua orang punya itu.
    Semoga kita bisa terus belajar ya^^

    ReplyDelete
  2. Ya setuju nih, unt menghindari perdebatan emang kadang lebih baik langsung japri. Kalo perlu via tlp, kan tulisan pun kadang mengandung persepsi yg berbeda tadi :D
    Tapi biasanya yang begini nih kalo uda kenal deket sih hihihi.

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature