15 August 2016

Berguru sama Content Writer, Rahayu Pratiwi | Ngobrol Bareng




Holaaa..

Apa kabarnya nih kalian semua? Selamat hari Sabtu. Hari ini aku lagi ada acara SBO nih sama teman-teman kantor di Taman Sungai Mudal. Kalau kalian?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Berguru sama Content Writer, Rahayu Pratiwi nih. Ada yang mau ikutan?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..


Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?  

 Lagi sibuk nyari proyek baru mbak he he he. Karena per Tanggal 30 nanti, saya sudah resmi nggak menulis untuk Asian Parent Indonesia lagi.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Saya masih tetep jadi content writer mbak. Content writer sebetulnya ya sama saja dengan bloger, hanya mungkin point of viewnya beda ya. Seorang content writer dituntut untuk bisa mengenali user situs juga. Misal topik apa yg paling diminati oleh orang dengan segmen tertentu, lalu bagaimana gaya bahasa yang tepat untuk mereka. Nggak lupa pengetahuan SEO ,- setidaknya yang mendasar- wajib ia ketahui juga.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Enggak si, ya. Paling pengen "naik kelas" aja. Seperti sekarang, saya mulai melirik job Content Manager atau malah Digital User Experience.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai content writer, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 

Bagi saya, content writer adalah kerjaan utama. Jadi kalao deadline kerjaan sudah selesai, baru saya akan up date blog.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Saya membuat blog sebagai contoh tulisan untuk klien. Untuk jumlah posting sesempatnya saja ya. baru dua bulan terakhir ini saja yang agak banyak. Mungkin karena saya sudah bisa menyesuaikan alur kecepatan nulis konten juga nge-blog ya. Nggak si, nggak ada kendala apa-apa dalam nulis blog. Kendala utama paling cuma waktu aja. Kalau yang lain si biasa saja, seperti umumnya emak-emak blogger.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

Mulanya mereka nggak memahami, tapi setelah tahu kadang mereka kecripatan goodie bag he he he, akhirnya mereka jadi ngert dan ya ... menghargai juga. seperti pekerjaan lainnya.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Alhamdulillah iya.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Terus belajar. Karena dari belajar juga bisanya akan nemu bahan-bahan postingan blog

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Jelas penting dong.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Wah, apa ya... saya nggak ahli tu untuk memberi pesan pada mereka yang memiliki pekerjaan pokok. Saya juga newbie dan baru beberapa bulan ini serius nge-blog. Tapi kalau ada teman yang baru mulai nge-blog, biasanya saya cuma bisa bilang, be patient, and keep on learning. Udah gitu aja he he he.
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Rahayu? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Rahayu buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Rahayu, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Rahayu adalah :
 



Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Rahayu. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 


Tentang Rahayu :

Saya Rahayu Pawitri, ibu rumah tangga, yang Alhamdulillah diberi kesempatan untuk nyambi sebagai Content Writer dan Translator.

Saya suka menulis dan mencoba banyak hal baru. Karena bagi saya belajar akan membuat saya terus bertumbuh.

Parenting dan Financial Tips adalah topik utama yang saya suka. Bermain dengan aplikasi baru, otak-atik kode HTML, dan membuat gambar-gambar adalah hobi baru saya setelah mulai nge-blog.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Twitter | Facebook


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature