16 August 2016

Belajar Edit-Mengedit sama Editor Winda Carmelita | Ngobrol Bareng




Holaaa..

Apa kabarnya nih kalian semua? Selamat hari Selasa. Besok udah Dirgahayu Republik Indonesia nih. Ehm, enaknya ngelakuin apa yaa? Ada ide?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Belajar Edit-Mengedit sama Editor Winda Carmelita nih. Ada yang mau ikutan?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..


Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?


Kabar baiik mbak, sehat banget Puji Tuhan...

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih,  profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Profesi sekarang saya sebagai editor di Vemale.com, merangkap juga sebagai seksi sibuk untuk komunitas di wilayah Malang dan sekitarnya.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?


Oh pernah mbak hihihi.. Saya pada dasarnya orang yang lebih suka di lapangan daripada di balik meja, tetapi saat ini mostly pekerjaan saya di belakang layar komputer. Kalau bosan, biasanya sederhana sih saya suka buka-buka Youtube cari-cari lagu gitu.. kalau dulu sempet bawa guitalele ke kantor biar bisa genjreng-genjreng tapi sekarang udah nggak pernah lagi hehehehe..


Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai editor, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Kalau blogwalking, saya sempatkan 5 menit setelah kelar kerjaan buat berkunjung ke 1-2 blog. Kalau untuk update, biasanya saya ngedraft sepulang kantor atau saat weekend.


Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Bikin blog tahun 2008, waktu itu masih SMA dan banyak banget yang hobi ngeblog di angkatan saya. Saya suka nulis puisi dan sekedar cerita-cerita ringan tentang keseharian saya. Sekarang sih susah untuk nulis rutin, tapi diusahakan per minggu minimal 1 tulisan. Tantangan saya adalah ... ngelawan rasa malas dan bosan, soalnya setiap hari di kantor udah nulis banyak hahahaha ...

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Semuanya mendukung kok, sejauh ini orang-orang sangat menghargai side-job saya as a blogger. Apalagi saya bekerja di dunia kepenulisan (media online) jadi menjadi blogger adalah hal yang biasa di lingkungan saya.  Keuntungannya: saya jadi punya banyak networking, mencicipi banyak pengalaman-pengalaman baru saat diundang brand dan belajar banyak hal jadi kenalan-kenalan saya karena ngeblog itu.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Ngedukung banget

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Jangan pernah merasa terbebani. Tulis saja dengan bebas apapun yang di pikiran kita, tapi juga ingat jangan sampai tulisan kita menyakiti orang lain. Sekiranya menulis sesuatu yang sensitif, it's okay pokoknya cara menyampaikannya yang tepat.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Pentiing. Secara pribadi, buatku menulis itu self-healing terampuh. Selain itu, kalau untuk brand, sangat penitng menggandeng blogger karena blogger saat ini punya power of influence yang sangat besar ^^

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Bangunlah self-branding sebaik-baiknya. Mungkin soal angka statistik di blog kita itu penting, tapi yang nggak kalah penting adalah investasti self-brandingmu :)
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Winda? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Winda buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Winda, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Winda adalah :

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Winda. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***

Tentang Winda :

Sehari-hari bekerja sebagai editor di sebuah website woman lifestyle serta masih menggeluti dunia social media secara freelance. Sesekali menyanyi di gigs-gigs di kota Malang. Masih menulis di blog tentang lifestyle, beauty, kuliner, travelling, digital media dan musik secara ringan. Bergiat di dunia kreatif dan youth-movement.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Twitter
7 comments on "Belajar Edit-Mengedit sama Editor Winda Carmelita | Ngobrol Bareng"
  1. wah ini sangatlah keren mbak, saya juga mau dung untuk di ajarin editnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, aku juga mau diajarin edit :)

      Delete
  2. edit mengedit tulisan ini kadang mageer banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mager apa mager, mbak Mutia? hehe

      Delete
  3. Ya ampun mba winda 2008 masih SMA.. jd berasa tua bgt saya..hahaha

    ReplyDelete
  4. MBak Asriii, wah aku baru tahu postingan ini. Ah, terimakasih yaa sudah dimuat. Semoga sukses selalu untuk mbak Asri :*

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature