08 July 2016

How Manage Time, Being Blogger - Book Reviewer - Worker? | My Scrap Book


Holaa..

What a day! Happy time. Holiday and meet the big family. Love this holiday. Gimana dengan liburan kamu? Udah liburan kemana aja nih? Jangan lupa silaturahminya dijaga yaa.

Kali ini sih, entah kenapa tiba-tiba kepikiran soal tema tentang waktu. Jiah, bahasannya agak berat yaa. Padahal nggak sama sekali. He.. he.. he.. Tau sendiri kan, terkadang aku kalau kasih tulisan tema apa gitu, dibikin asyik. Jadi, biar nggak dianggap berat-berat banget.
 

Pernah nggak sih kalian keteteran memanage waktu kalian? Membagi-bagi waktu selama 24 jam untuk berbagai kegiatan? Pasti pernah kan yaa? Nah, kalau kalian tanya sama aku soal cara memanage waktu itu gimana sih, aku juga nggak tau sebenarnya. Karena terkadang waktu selama 24 jam masih kurang sih buatku *gaya mode on*.

Tapi, aku coba kasih beberapa tips yang selama ini udah aku jalani aja yaa.. Apa aja sih? Ingat sebentar yaa, ini tips ala Princess, boleh dicontoh atau ditiru selama itu membawa manfaat buat kalian, tapi, kalau nggak, jangan diikuti. Deal yaa? 

Simak tips cantiknya yaa..

Agenda

Strawberries, Agenda, Glasses, Telephone

Aku punya 1 agenda, khusus buat nyatat berbagai macam kegiatan aku. Berhubung kegiatan aku bukan hanya sebagai pekerja kantoran saja tapi juga sebagai blogger dan book reviewer, aku bagi-bagi menjadi 4 bagian di dalam buku agendaku. Bagian pertama alias yang depan, biasanya aku pakai buat mencatat kegiatan di kantor. Beralih ke bagian kedua, aku pakai untuk mencatat notulen setiap kali ada rapat. Kemudian di bagian ketiga aku pakai untuk mencatat jadwal tayangan blog dailyku. Baru yang bagian keempat, aku pakai untuk mencatat jadwal tayangan blog bukuku. Kenapa aku jadikan satu dengan agenda pekerjaan kantor? Biar saat ada jadwal kerjaan dan tawaran job sebagai blogger nggak ribet mesti mencatat di lain agenda. Cukup satu dan berguna buat banyak hal.. Ceileh.. 

Kenapa nggak pakai handphone atau gadget lain? Karena jarang banget dicek, dan seringnya kalau pegang gadget, pasti buka yang lainnya. Entah sosmed, entah searching, entah buat cek email.

Buat Jadwal 

Office, Notes, Notepad, Entrepreneur

Nah, kalau ini, karena terkadang aku sering lupa tanggal ataupun kadang lupa hari, asal jangan lupa nama ataupun status, penting itu.. Ha.. ha..

Setiap kali, ada tawaran job review dari klien, aku pastikan untuk tau detail jobnya dulu. Kapan tayang, kapan deadline, dll. Jadi, mesti jelas. Terus ngerjainnya kapan? Kalau pas kerjaan kantor nggak full, biasanya aku kerjain saat jam istirahat. Atau kalau memang pas kerjaan full dan waktu istirahat udah kepakai untuk hal lain, aku kerjain dirumah, setelah makan. Jadi, aku benar-benar menghitung waktu banget. Dikerjain jam berapa, selesai jam berapa. Takut mengecewakan amanah yang sudah diberikan, kalau nggak tepat waktu gitu.

Apalagi kalau pas jadwal tayang Ngobrol Bareng, langsung deh H- berapa hari sebelum tayang, udah bikin postingan berjadwal dulu. Seperti saat libur lebaran gini, udah seminggu sebelum lebaran, ngebut bikin postingan berjadwal. Sok sibuk? Nggak. Justru bikin aku semangat buat ngeblog dan makin tertantang buat kasih motivasi ke diri sendiri, kalau aku bisa menyelesaikan amanah.

Itu kan untuk blog daily. Kalau blog buku gimana? Nah, kalau blog buku, untuk Bincang Santai, masih bisa dikerjain di sela-sela waktu istirahat di kantor atau saat dirumah lagi mager yaa. Tapi, kalau untuk ngereview buku, benar-benar kudu fokus. Karena takutnya kalau disambi-sambi, hasilnya bikin kecewa sama yang udah kasih amanah bukunya untuk direview sama aku. Karena antara book reviewer dan penulis serta penerbit setidaknya harus memberikan feedback. Mereka meminta kita mereview bukunya, kita juga berikan review yang jujur. Review yang jujur itu tentu aja sesuai dengan apa yang kita rasakan saat membaca buku tersebut. Nggak suka yaa bilang nggak suka, tapi jangan lupakan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Intinya, jangan kasih spoiler, jangan sakiti hati orang.

Waktu untuk nge-blog

Home Office, Laptop, Notebook, Startup

Kapan sih waktu yang pas buat ngeblog sebenarnya itu? Ehm.. I have no idea. Karena apa? Yaa, karena itu depends on us sebenarnya. Kalau aku lebih suka saat waktu luang dan pas lagi mager dirumah. Atau saat weekend, pas nggak ada acara kemana-mana, benar-benar memanfaatkan waktu untuk bisa menulis, walaupun itu cuma dapat 1 paragraf. Saat mau ngeblog pun, biasanya aku bilang ke Ibu, Bapak, adik sama mpuss, kalau aku mau ngeblog. Dan, alhamdulillah, mereka kasih aku waktu sepuasnya.

Waktu buat Baca Buku

Bag, Book, Sunglasses, Reading, Leisure

Kalau ini sih, aku baca bukunya saat dirumah setelah sholat isya, atau saat pekerjaan rumah udah selesai. Baru deh mager baca buku. Jadi, jadwal buat yang lainnya dipending dulu. Atau saat weekend, atau malam libur, langsung ambil posisi cantik di spot favorit buat mager baca buku. Asik banget dah pokoknya. Menikmati 'Me Time'.

Diantara sekian banyak tips ala aku itu, ngeganggu waktu aku sebagai pekerja nggak? Alhamdulillah, nggak. Aku benar-benar berusaha buat balancing waktu atau combine waktu aku sebagai pekerja dan sebagai blogger serta book reviewer. Capekkah? Nggak. Senang malah. Worth it lah dengan hasil yang dicapai. Setidaknya bikin boss senang karena pekerjaan selesai dan bikin klien dari pemberi job sebagai blogger atau book reviewe senang karena amanah dari mereka selesai tepat waktu, merupakan pahala bukan? 

Kalau kamu gimana? Share yuks sama aku di sini..
10 comments on "How Manage Time, Being Blogger - Book Reviewer - Worker? | My Scrap Book"
  1. Aaahhh! Ternyata itu toh rahasiamu bisa bagi waktu dgn baik meski kegiatan seabreg2...

    Well noted! Ijin nyontek ya, Tuan Puteri... *sun jauh*

    ReplyDelete
  2. Kdng sudah dijadwalkan, tapi jadwal anak bangun dan ngajak main suka gak klop :))
    #malahcurcol :))

    anyway makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih, mbak April.. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. wuuahhh...top banget dikau mb Asri, aku nih setua ini aja masih slaluuu keteteran

    ReplyDelete
  4. Gw ngeblog dari HP, semua draft tulisan di kerjakan di draft email. Kalo ada waktu luang langsung di pindahin ke blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa.. hebat euyyy.. Keren.. tetap semangat yaaa :)

      Delete
  5. Kalau weekend rasanya ga sempat mau nulis apalagi BW mba krn anak saya benar-benar menyita perhatian hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weekend emang biasanya entah buat yang single atau udah berkeluarga, waktunya buat keluarga sih yaa, mbak? Dinikmati aja, mbak.. hehehe..

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature