22 June 2016

Kiat Menabung buat si Single | Rabu Merindu

 

Holaa..
Ketemu lagi di Rabu Merindu, project curcolan antara si cutie Inokari dan si princess yang sama-sama suka ngegalau. Kali ini kita rencananya mau bahas soal Menabung. Yeay..
Baca juga yaa punya si cutie Intan
Siapa nih di antara kalian yang nggak suka menabung? Tunjuk hidungnya masing-masing. Weits, kenapa nggak suka menabung? Padahal dengan menabung kita punya simpanan.. dalam bentuk uang.. Nggak mungkin dalam bentuk COGAN alias Cowok Ganteng. Iya kan, bener kan? Nah, kali ini nih, aku mau ngajak kalian buat nyimak tips atau kiat menabung buat kalian yang masih single. Abaikan yang udah berpasangan yaa. Daripada baper akut kan? Kemudian mupeng terus gigit wafer kan? 

Sebelumnya sih, aku mau kasih warning dulu yaa.. Kiat yang aku tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi dan ditulis dengan bahasa ala aku. Jadi, kalau ada yang kurang dimengerti, langsung komentar aja di kolom komentar yaa. 

Apa aja sih kiat menabung buat si single *uhuk* ala aku? Yuk, capcuz simak :

1. Gajian langsung nabung

Biasanya setiap kali gajian, 70% dari gajiku langsung aku masukkan ke tabungan. Jadi sisa gajiku setelah ditabung itulah yang buat aku hidup sehari-hari, yaa jajan, beli ini itu, jalan-jalan yang kadang nggak pernah sama sekali. Tapi, sebelumnya sih aku udah hitung-hitung dulu sebulan itu kira-kira habisnya berapa untuk kebutuhanku. Jadi, bisa langsung tau mesti nabung berapa bulan ini. 

2. Rekening Gaji pisahkan dengan Rekening Tabungan

Nah, kalau ini, dari aku udah mulai kerja, langsung buka rekening 1 lagi selain yang dikasih kantor buat transferan gaji yaa. Gunanya buat apa sih? Tentu aja buat nabung dong. Nah, jadi tau kan kenapa tiap bulan aku masukkin berapa persen dari gajiku untuk tabungan? Nah, itu langsung aku transferin ke rekening tabunganku. Sebisa mungkin aku buka rekening yang untuk tabungan sama dengan rekening gaji dari kantor. Maksudnya sih sama bank gitu, biar kagak kena biaya administrasi. Tapi kadang aku suka sih bikin rekening beda bank gitu. Ha.. ha.. Labil akut.

3. Ikut Asuransi

Kalau yang ini sih kemarin niatnya nyoba doang. Jadi, setiap bulan uang yang ada di tabunagnku, dipotong sekian rupiah untuk aku ikutkan di asuransi di bank tersebut. Tujuan awalnya sih buat nambahin tabungan sih. Tapi, semakin ke sini, makin bingung juga buat apa yaa. Jadi, jangan ikuti cara ini kalau kamu masih bingung.

4. Prioritaskan tujuanmu menabung

Kalau yang ini penting banget. Kamu mesti tau tujuan kamu menabung untuk apa. Kalau aku sih, tujuan menabung buat persiapan di hari tua. Tapi bisa juga buat besok kalau nikah. Yaa, persiapan aja sih. Bisa buat beli macem-macem juga. 

5. Jangan menabung setelah uang kamu menipis

Hindari ini. Jangan sekali-kali kamu menabung setelah uang kamu tinggal sedikit. Kenapa? Karena kamu lebih mengandalkan menabung setelah uang gaji kamu hampir habis, dan tinggal sedikit, percaya deh, pasti akan sulit dan merasa sayang. Dan juga susah banget pasti ada sisanya.

6. Jangan lupa Zakat, Infaq, Shodaqoh

Ingat satu hal. Di setiap penghasilan/gaji yang kamu dapatkan, ada hak untuk mereka yang membutuhkan. Jadi, jangan lupa untuk mengeluarkan hak bagi mereka yang membutuhkan yaa. Udah tau kan yaa hitungannya? Biar gaji kamu juga barokah. Biasanya aku tiap kali lupa nggak mengeluarkan hak ini, pasti ujung-ujungnya boros. Tapi, kalau nggak lupa, alhamdulillah, awet banget.

Nah, itu tadi tips atau kiat menabung buat kalian yang single. Udah pernah nyoba? Atau baru nyoba? Semoga apa yang aku tulis ini bermanfaat buat kalian semua yaa..
6 comments on "Kiat Menabung buat si Single | Rabu Merindu"
  1. Setuju banget sm point terakhir jangan lupa zakat infaq sedekah.. paling penting itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, jangan sampai lupa yaaa :)

      Delete
  2. "70% dari gajiku langsung aku masukkan ke tabungan."
    --> Wah..hebat banget Asri. Gajiku biasanya abis buat biaya bulanan; bayar speedy, bayar arisan, bayar listrik, belanja bulanan keperluan rumah, bayar kuliah adik, dll. Pengeluaranku meski single tapi udah macam emak-emak banget, wkwkwk Nggak minus aja udah alhamdulillah.. :))

    Tapi kalo poin 6 insyaallah gak pernah telat, karena gaji kita memang lebih berkah kalao disisihkan untuk sedekah.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aa.. nggak juga, mbak Luckty.. nabungnya juga kebanyakan diambil buat jajan buku wkwkwk :)

      Mbak luckty hebat euy.. udah macem emak2.. daebakkkk

      Delete
  3. Aaaakkk kak Pincess keren banget. Pasti tabungannya dah gendut. Aku 2 tahun kerja, tapi tabungannya masih seumpritt hufff

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga, Intan.. Banyakkan diambilin buat beli buku hehehe..

      Tetap semangat nabung, Intan :)

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature