03 March 2016

Tipe-tipe Blog yang Asyik untuk Dikunjungi dan Dikomentari | Guest Post


Hola..

Yeay.. Akhirnya, rubrik Guest Post di blog ini ada juga. Perdana di blog My Scrap Book, kali ini kedatangan tamu seorang blogger. Siapakah dia? Yup! Afifah Mazaya. Ingat dong, sama nama Afifah? Afifah.. Sini dong.. He.. he.. he.. Oke, apa yang akan dibahas sama Afifah? Cekidot yuk..

***


Hai, Kak Asri! Makasih karena memberiku kesempatan menjadi guest di blog ini. 


Makasih juga, loh, buat pembaca blog Kak Asri karena mau mampir di blogspot ini. Perkenalan dulu kali, ya. Aku kan belum terkenal. Huhu. Aku Afifah Mazaya. You can call me Fifah. Aku mempunyai dua blog, yang gado-gado dan yang berniche. Blog gado-gadoku namanya Flying Without Limit. Blog niche-ku namanya Lady Book’s Notes. Langsung ketahuan, kan, niche-nya apa? Iya, book alias buku. Sekian perkenalannya.


Nah, sebetulnya aku bingung mau menulis apa. Daripada bingung, mending curhat, ya. Beberapa hari lalu, aku blogwalking ke sebuah blog. Aku mau meninggalkan jejak. Sayangnya, aku keburu kesal. Tidak jadi meninggalkan jejak deh. Huhu. Jadi, di sini, aku mau curhat tipe-tipe blog yang asyik buat dikunjungi dan dikomentari. Aku tidak bermaksud menyindir siapa pun. Ini adalah curahan hati blogger dengan koneksi internet yang sering mengajak perang. Doakan aku supaya segera bisa mencicipi 4G, ya. Hehe.


Berikut blog yang kunjungi-able dan komentari-able versiku:

 


Mudah Dibuka

Aku selalu senang ketika membuka blog seseorang dan hanya butuh beberapa detik sampai blog itu benar-benar terbuka. Aku bisa mempunyai waktu memilih-milih artikel mana saja yang akan kubaca.


Blog mudah dibuka. Konten bagus. Rasanya, aku mampir ke blog itu bukan sekadar untuk menggenapi kewajiban bw. Kalau aku suka, bisa langsung aku subscribe.


Kalau mau tahu blog mudah dibuka atau tidak, mudah kok. Tinggal minta tolong ke beberapa teman untuk membukanya. Kalau sudah beberapa orang bilang mudah dibuka, kemungkinan besar memang mudah dibuka. Koneksi internet setiap orang berbeda. Semakin banyak yang bilang mudah dibuka, berarti blog itu sudah aman. Anyway, blogku mudah dibuka tidak?


Mudah untuk Ditulisi Komentar


Namanya juga komentari-able, pasti mudah untuk ditulisi komentar. Maksud mudah dikomentari ada dua macam. Pertama, kontennya seru sehingga langsung terpikirkan mau berkomentar apa. Kedua, tidak perlu log in atau klik macam-macam ketika mau memposting komentar. Aku tidak akan membahas yang pertama karena aku juga belum mumpuni. Aku hanya akan curhat untuk yang kedua.


Ada beberapa blog yang kotak komentarnya agak unik. Kalau yang masih numpang hosting di blogspot, kadang ada yang kotak komentarnya tidak langsung muncul. Kita harus mengeklik “Poskan Komentar” terlebih dahulu. Aku tidak terlalu mempermasalahkan yang ini. Menurutku, ini masih kategori mudah.


Sayangnya, ada kotak komentar yang harus log in supaya bisa berkomentar. Kalau yang komentarnya menggunakan G+, sih, mending. Aku memang selalu log ini G+. Tapi, kotak komentar ada yang aneh-aneh. Aku hanya bisa menghela napas kalau menemukan yang semacam ini.

Lalu, ada juga yang begitu aku klik kotaknya, muncul tab baru. Ternyata tersambung ke iklan. Begitu mau publish, muncul tab baru lagi. Kapan bisa di-publish kalau begitu? Aku lelah. Huff.


Bersih dari Komentar Spam


Berdasarkan informasi yang kudapat dari para suhu, komentar spam berpontensi menurunkan DA. Bukan hanya DA blog yang dikomentari spammer itu, melainkan juga DA orang-orang tak berdosa yang berkomentar di blog itu. Penjelasan selanjutnya agak ribet dan aku bingung, tetapi intinya seperti itu.


Jadi, kadang, kalau aku melihat tukang obat sudah berkomentar lebih dulu, aku ragu untuk ikut berkomentar. Masalahnya, DA-ku baru muncul, masa sudah harus ngedrop gara-gara terjerat jaring laba-laba. Kalau tidak berkomentar, bagaimana orang bisa bw balik? *jujur* Dilema blogger yang masih seumur pudding.


Jadi, sayangi blogmu, sayangi temanmu, berantas komentar spam.



Jumlah Iklan Wajar


Aku tahu, iklan adalah pundi-pundi emas blogger. Tapi, kalau jumlah ikan kelewat banyak, kesannya menyerupai situs download film bajakan *ketahuan doyan yang bajakan*. Iklan yang terlalu banyak juga membuat loading menjadi lama dan hal ini sering membuat jengkel.


Kalau mau memasang iklan, mungkin bisa membuat blog lain. Blog yang berisi informasi yang pasti pasti dicari. Yaaa, contohnya blog yang mempunyai link download film. Hasilnya juga mungkin lebih banyak.


Anyway, ini ke-sotoy-an anak yang sudah lama mencopot Adsense dari blog pribadi, ya.


Template Enak Dipandang


Latar belakang tulisan berwarna putih dan tulisan hitam dengan bentuk huruf yang tidak meliuk-liuk adalah template yang selalu aku suka. Latar belakang warna-warna lembut yang mendekati putih masih nyaman dilihat juga. Makin nyaman dilihat, makin betah berlama-lama.


Latar belakang tulisan memang lebih nyaman dilihat kalau warna putih atau sangat soft. Kalau ingin memakai warna favorit yang lebih terang atau lebih gelap di blog, bisa diaplikasikan sebagai latar belakang blog saja. Selama warna itu tidak mencolok mata. Hehe.


Oh, ya. Aku mau curhat tambahan. Boleh, ya? Aku geregetan dengan tulisan di salah satu blogku. Entah kenapa, ukuran dan kerapatannya seperti itu. Aku sudah menyamakan kedua blogku, tapi hasilnya lain. Mungkin kalian yang punya masalah yang sama denganku. Mungkin ada yang punya solusi. Mohon di-share.


Paragraf Tidak Gondrong


Paragraf gondrong adalah paragraf yang jumlah barisnya banyak. Bisa lebih dari tujuh baris. Mungkin hal ini karena tulisan tersebut mempunyai inti atau kalimat pokok yang sama. Walaupun demikian, lebih nyaman dan mudah membacanya ketika paragraf gondrong itu dipecah.

Kata guru Bahasa Indonesia-ku, satu paragraf maksimal berisi sembilan kalimat. Menurutku, kalau di blog, lebih enak melihatnya dari jumlah baris. Walaupun belum sembilan kalimat, kalau sudah gondrong, lebih baik dipecah. Membaca tulisan di layar lebih melelahkan daripada membaca tulisan di buku. Melihat paragraf yang tidak gondrong bisa membuat hati tenang dan pikiran positif sehingga tidak terburu-buru membaca suatu artikel.



Semua hal yang disebutkan di atas tidak harus ada semua dalam satu blog. Bagiku, yang penting adalah aku bisa mendapatkan hal baru yang bermanfaat dari setiap kunjungan. Satu hal yang pasti, mudah dibuka dan mudah untuk ditulisi komentar adalah hal wajib. Semakin banyak kecocokan dengan hal-hal yang aku sebutkan, semakin mungkin sering kukunjungi.

So, sekian curahan hati blogger yang ingin bw, tapi masih terhambat koneksi.  Terima kasih sudah meluangkan waktu membacanya. ^^
***

Gimana dengan artikel yang ditulis oleh Afifah di Guest Post perdana kali ini? Seru kan yaa? Jadi, bisa banyak belajar juga dari Afifah. Terima kasih, Afifah, untuk waktunya, dan sharingnya. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.



Akhirnya Guest Post perdana kali ini sudah mulai bisa diposting juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan, keakraban, pengetahuan di antara teman-teman semua.


***
http://4.bp.blogspot.com/-Qehp62mDZQc/VoTm0Z_odeI/AAAAAAAADhQ/YPhO303-D-E/s1600/dsadsda.pngTentang Afifah :
 
Gadis yang akrab dipanggil Afifah atau Fifah ini adalah seorang freelancer. Kegiatannya saat ini adalah mengerjakan proyek pribadinya. Memiliki hobi menulis karena dengan menulis dia bisa membagi isi pikirannya dengan banyak orang. Memiliki 2 blog yang dikelola, dan 1 blognya berniche, yaitu blog buku di Lady Book's Notes. Kamu bisa melihat kesehariannya di Facebook | Twitter | Blog.
62 comments on "Tipe-tipe Blog yang Asyik untuk Dikunjungi dan Dikomentari | Guest Post"
  1. wah template blogku gimana ya? hihi
    kemaren juga ngeliat kak Afifah bilang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeliat di mana? Afifah mana? *ngorek ingatan*

      Delete
  2. wah, punya saya masuk ke kategori mana ya?
    Hi, Fifah salam kenal ya :))
    Mbak Asri makasih buar rubrik barunya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo..

      Ayo, dicek2 blognya, masuk kategori yang mana hayooo..

      kembali kasih :)

      Delete
  3. Blogku masuk yang mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. *langsung ngecek blognya*

      Delete
  4. Horeee. Ada akuuu. :D
    Aku masih nggak tau itu iklan yang mana. Aku taunya Afika. Kita beda jaman kali, ya. Lol. *dilempar rubi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaa.. saya hidupnya di jaman modern.. tahun 2020 *ketemu dorayaki*

      Delete
  5. Mbak Afifah main ke blogku donk, trus kasi kritik kurangnya dimana? plus saran hihihi ngarep

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afifah... udah ada yang minta nihhh saran2nyaa..

      Delete
  6. sepakat sama semua yang dituliskan di atas Mbak :)

    semoga bloggku masuk kategori yamh mudah dibuka biar banyak pengunjungnya, amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn..

      Semangat, mbak Irawati :))

      Delete
  7. Renyah dibacanya mba :) ...
    aku gak tau deh blogku masuk mana ?
    hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mbak *nyamar jadi mbak Afifah*

      Semoga masuk kategori yang gampang dibuka yaa, mbak :)

      Delete
  8. Renyah dibacanya mba :) ...
    aku gak tau deh blogku masuk mana ?
    hihihih

    ReplyDelete
  9. Blogku termasuk yang masih memperkenankan tukang obat meninggalkan jejak asal bukan link hidup hehehehehe, jadi bukan blog yang ramah dikunjungi nih :D

    ipehalena [dot] com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk2 bersih2 blog yukk.. hihi

      Delete
  10. Blog yang enak di baca yang judulnya minta banget di klik. Judul postingan ini contoh nyatanya. Minta banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diawali dengan judul, pasti akan banyak dibaca orang :))

      Delete
  11. iya nih paling sebel kalo mau komen kdg di blog org ribet bgt , kdg mlah ga jadi komen jadinya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. bikin bad mood duluan yaaa..kebanyakkan aturan gitu yaa.. *toss, kita samaan*

      Delete
  12. template kek gini aku suka banget, ke mana aku harus bertanya yaa..hehee *malah tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini.. sini.. ada yang bisa dibantu? hehehe

      Delete
  13. Au prnh nemu blog, isinya bgs, tp font tulisannya ampuuunnnnn dijeee.... Verdana size 8, trs tulisannya silver.. Omg, mataku sakiittt -_-.. Boro2 lah mau dtg lg sebagus apapun tulisannya kalo kyk gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu, siapin camilan deh.. kemudian tutup mata :D

      Delete
  14. Au prnh nemu blog, isinya bgs, tp font tulisannya ampuuunnnnn dijeee.... Verdana size 8, trs tulisannya silver.. Omg, mataku sakiittt -_-.. Boro2 lah mau dtg lg sebagus apapun tulisannya kalo kyk gitu :D

    ReplyDelete
  15. Saya juga ngefans sama mbak Afifah. Salam ya buat si mbak Afifah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam *nyamar jadi mbak Afifah*

      Delete
  16. Mba fifaaahhh mampir k blogku doong.. kesannya gmn mbaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Afifah.. can you help her? :D

      Delete
  17. Ciyeeee.. Mbak Afifah. Keren banget. Udah cantik, pinter lagi. Semoga blogku juga menyenangkan. Terima kasih, tulisannya tambah pengetahuan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih *nyamar jadi mbak Afifah*..

      Delete
  18. mba Afifah emang keren. Aku suka bgt gayanya. Salam kenaall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali dari mbak Afifah :D

      Delete
  19. Terima kasih bnyak utk sharingnya ya mbak. Bakalan diceki2 blog ku nih hhhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih juga, mbak :D

      Delete
  20. Terima kasih bnyak utk sharingnya ya mbak. Bakalan diceki2 blog ku nih hhhee

    ReplyDelete
  21. Jadi penasaran kira2 blogku termasuk yg di favoritkan'gak ya? Slam kenal dari Kudus😀😀
    @cputriarty

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo, kemudian cek blognya masing2.. :D

      Delete
  22. Jadi penasaran kira2 blogku termasuk yg di favoritkan'gak ya? Slam kenal dari Kudus😀😀
    @cputriarty

    ReplyDelete
  23. Duh, jadi kepengen ganti template. Tapi kalau sering gonta ganti, pasti ada perubahan pd jumlah visitor :( Trimakasih Fifah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih, mbak Mutia :D

      Tetap semangat yaaa..

      Delete
  24. Langsung cek blog sendiri :) Hehehe
    Kalau untuk paragraf di blog lebih baik 3-4 kalimat saja. Itu pun bukan kalimat yang panjang-panjang kayak ular melingkar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp.. yuk mari cek blognya masing2 :D

      Delete
  25. Afifah jadi guest... yeay.
    Thank you infonya. Langsung jadi mikir. Blog akunya mudah dibuka gak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :D

      Coba nanti aku bukanya yaa..

      Delete
  26. Kayak blog ini juga cepet loadnya.... Paragrapnya juga gak banyak :)

    ReplyDelete
  27. Kayaknya faktor template bole "ngunduh" juga faktor berat kalo buka ya mak, soalnya saya berasa banget pas pake template default sama yang boleh download jauh beda. BTW tfs loh ini aku lgsg cek TKP blog sendiri kayaknya banyak pragarafku yang masih gondrong hahaha.

    my blog : punyapiqa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih lebih suka template dari blognya sih, mak.. Selain nggak ribet,juga enak ngaturnya *alasan sih sebenere, karena emang males ngatur hahaha*..

      Delete
  28. Kalau loadingnya lama alias susah dibukanya, bisanya langsung aku close, hihihih karena bete nungguinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *toss* kita samaa, mbak :D

      Delete
  29. Lho jadi komentar dari spammer juga harus dihapus? Wah untung baru sekali dua kali dikomentari, baiklah mau bebersih blog dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. aku suka banget beberes ngehapusin komentar spammer :D

      Delete
  30. wah makasih tipsnya :D kemudian bergegas cek blog

    ReplyDelete
  31. duh Mb Asri, Mba Afifah...blogku kayak mana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo, yang mana, mbak Agustina :))

      Delete
  32. Iya betul mbak, kalo menurut saya sih blog yang asyik itu blog yang gampang dibuka, dan gak terlalu banyak mengandung widget yang cukup mengganggu. apalagi kalo ada widget musiknya -_- makin lama dibuka
    Kalo soal blognya mbak, menurutku sih mudah dibuka mbak, dan juga tulisannya bermanfaat hehehehe btw gimana dengan blog saya mbak?

    nih blog saya sastraananta.blogspot.com *edisi promosi* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. terima kasih..

      BW balik yaaa..

      Delete
  33. Hihi banyak yg ngefans sama Mak Afifah ya. Salam kenal ya Mak #sksd.

    Yg point mudah ditulisi komen penting banget Mak, kadang sudah menggebu² ingin posting. Eh gagal maning - gagal maning. Inyong jd Baper :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang memang banyak kolom komentar yang bikin susah buat naruh komen :)

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature