24 March 2016

Mereview Buku Ala Princess Khayangan | Tips

 


Holaa..

Tips ala My Scrap Book kembali datang. Yeay.. Kali ini mau membagikan sedikit tips buat kamu yang suka banget baca buku kemudian bingung gimana sih caranya mereview buku tersebut. Mohon digaris bawahi yaa, bukan bermaksud menggurui, hanya memberikan tips saja. Karena cara saya mereview masih jauh dari perfect dan masih harus banyak belajar. Masih banyak yang lebih jago dalam hal review-mereview buku dibandingkan saya. 

Sebelum mulai memberikan tips, saya mau kasih tau dulu nih apa sih review atau resensi itu.. Enggg inggg enggg.. Ada yang tau?

Review atau resensi adalah suatu deskripsi atau penggambaran serta evaluasi dari sebuah buku itu sendiri, yang berisi mengenai isi dari buku tersebut (semacam ulasan), yang kemudian membandingkan, memberikan pendapat pribadi mengenai isi buku tersebut
Ada beberapa tips nih dari Princess Khayangan buat kamu yang suka baca buku kemudian mau mereviewnya. Simak yuksss.. :
  
1. Lihat Covernya. Ketika kamu ingin membeli sesuatu pasti yang dilihat pertama kali adalah tampilannya. Begitu juga dengan sebuah buku. Hal pertama yang dilihat ketika ingin membeli buku adalah cover bukunya. Apakah ilustrasinya kece, keren, cantik. Ingat juga, saat kamu menuliskan review buku, sertakan cover aslinya yaa.. Tujuannya sih biar tau perkembangan cover tersebut. Apabila cetak ulang kemudian ganti cover setidaknya tau cover awal seperti apa.

2. Baca Blurbnya. Jangan ragu untuk membiasakan diri membaca blurb buku yang ingin kamu beli dan review. Ada di halaman belakang buku. Tujuannya adalah agar kamu memiliki sedikit gambaran mengenai buku yang kamu baca tersebut. Sertakan juga blurb ini ke dalam review yang kamu tulis yaa.

3. Identitas Buku. Saat kamu menuliskan sebuah review ke sosial media yang kamu miliki, jangan lupakan dan biasakan untuk menulis identitas dari buku tersebut. Ada beberapa identitas yang mesti kamu tuliskan, seperti Judul, Nama Penulis, ISBN, Penerbit << kalau yang ini biasanya Princess tulis. Tapi, terkadang ada juga yang menuliskan lebih lengkap, seperti Proofreader, Illustrator, Harga, Cetakan ke berapa, Jumlah halaman, Dari mana kamu dapatin buku tersebut (buntelan penerbit/penulis, hadiah GA, hadiah ultah, dll).

4. Tandai Kalimat Cantik atau Quotes. Satu hal yang paling biasanya Princess cari di dalam sebuah buku adalah quotes atau kalimat cantik. Kalimat cantik ini bisa berupa pesan, sindiran, atau hanya percakapan biasa namun memiliki arti yang dalam banget. Atau MJJ alias Mak Jleb Jleb. Tuliskan quotes tersebut di dalam review yang kamu tuliskan.

5. Share pendapat diri pribadi kita setelah membaca buku tersebut. Disini kita diminta untuk menuliskan pendapat kita mengenai isi buku tersebut. Sebelumnya, ceritakan ulang dulu mengenai buku yang kamu baca. Singkat, padat, jelas, dan jangan sampai spoiler. Dan sesuaikan dengan gaya kamu saat menceritakan ulang. Berikan pendapat kamu mengenai isinya, konfliknya. Apabila kamu membacanya DNF alias do not finish, ceritakan juga, kenapa kamu sampai DNF, dimana ketidaknyamanan kamu. Satu hal yang mesti diingat. Disini kita mereview buku, memberikan pendapat, kritikan dan saran mengenai buku tersebut. Bukan mengenai penulisnya secara pribadi. Hindarilah hal-hal yang mengakibatkan nantinya berujung perselisihan dan ketidaknyamanan.

6. Kesimpulan dan Pesan serta kesan. Tuliskan pesan kesanmu setelah membaca buku tersebut. Jangan lupakan kesimpulan dari buku tersebut yaa. Nggak usah panjang x lebar, takut spoiler. Secukupnya aja. 

7. Rekomendasi. Rekomendasikan cerita dari buku yang kamu baca kepada kawan-kawanmu, pembaca blogmu atau sosial mediamu. Jujur. Jika baik, bilang aja baik, kurang baik, bilang juga kurang baik. Sampaikan dalam bahasa yang baik dan jangan sampai menyinggung.

8. Beri kerlap kerlip bintang. Ada beberapa yang suka menulis review, memberikan tanda kerlap-kerlip bintang sebagai rating di blognya. Yaa, ada juga yang nggak memberikan ini. Tapi, sebenarnya tanpa ini pun, pembaca sudah tau kok, cerita tersebut layak dibacakah atau nggak. 

Sebenarnya masih banyak lagi tips-tips ala Princess Khayangan. Biasanya sih ada yang menambakan profil penulis, kemudian typo yang terkadang bikin gregetan. Jangan lupa juga yaa, setelah menuliskan review selesai, share ke sosmed yang kamu punya, mention juga ke penulis dan penerbitnya, karena setidaknya kita juga turut serta membantu mempromosikan kaya mereka. 

Oke, segitu dulu kali yaa, tips kece mereview buku ala Princess Khayangan. Kalau ada yang mau menambahi, boleh kok, tulis aja langsung di komentar. Atau mau buat postingan sendiri karena terinspirasi ini? Boleh, sertakan juga backlinknya ke blog ini yaa.. Siapa tau nanti, kalau aku suka dan cocok, aku sertakan juga backlink blog kamu di blog aku. 
4 comments on "Mereview Buku Ala Princess Khayangan | Tips"

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature