17 March 2016

5 Tempat Asyik yang Wajib Kamu Kunjungi di Serang, Banten | Guest Post




Hola..


Terima kasih untuk semua komentar, share kawan My Scrap Book di rubrik Guest Post minggu lalu. Postingan ini harusnya untuk minggu depan, namun guest post yang seharusnya mengisi minggu ini sedang memiliki banyak kesibukan. Kali ketiga, di blog My Scrap Book ada Levina Mandalagiri. Siapakah dia? Selain seorang blogger ternyata mbak Levina ini adalah seorang pekerja keras dan memiliki mimpi yang sederhana, menjadi penulis. Oke, apa sih yang bakalan dibahas sama mbak Levina? Cekidot yuk..
***


Ssst, pernah mendengar tentang kisah sultan yang konon mempunyai istri sebanyak 200 orang? Katanya sih legenda unik ini berasal dari Serang, Banten. Sang sultan mempunyai kesaktian tinggi dan hobi berkelana ke daerah-daerah lain, dan setiap dia berkunjung ke suatu daerah, dia mengambil istri dari tempat tersebut untuk kemudian ditinggal berkelana kembali. Terlepas dari benar apa tidaknya legenda tersebut, area yang pernah tergabung dalam provinsi Jawa Barat ini memiliki sejuta pesona wisata. Letaknya yang bisa dicapai sekitar 1,5 jam berkendaraan dari Jakarta, menjadikan Serang dan sekitarnya, banyak didatangi wisatawan.



Penasaran dengan tempat-tempat yang asyik di Serang, Banten? Simak ya, 5 tempat asyik yang wajib kamu kunjungi di Serang Banten, berikut ini:

Istana Kaibon


Terus terang saya paling suka tempat ini. Walaupun hanya tinggal puing-puing reruntuhan, Istana Kaibon masih menyisakan keindahannya. Cocok untuk tempat selfie dan foto pre-wedding. Banyak lho yang lokasi pre wedding-nya di sini? Kesannya modern berpadu masa lampau.



Istana ini dibangun untuk ibu Sultan Syafiudin, Ratu Aisyah, dikarenakan waktu itu sultan masih berusia sekitar 5 tahun. Istana ini dihancurkan pada tahun 1832 oleh Belanda, sehingga yang tersisa sekarang hanyalah puing-puing reruntuhan.


Kompleks Masjid Banten & Keraton Surowosan

Kompleks Masjid Banten berdekatan dengan reruntuhan Keraton Surosowan, tempat dahulu para sultan Banten tinggal. Kompleks Masjid selalu ramai didatangi wisatawan, khususnya yang datang untuk berziarah. Jangan ditanya ramainya seperti apa, apalagi menjelang musim haji. Ya, karena di dalam kompleks masjid ini terdapat makam para sultan Banten.



Yang tidak kalah menarik adalah bentuk bangunan masjid dan menara mesjid yang juga berfungsi seperti mercusuar. Jika kamu datang ke masjid ini, kamu akan bisa melihat bentuk arsitektur yang unik. Saya sendiri terkagum-kagum dengan para pendesign dan pendiri bangunan ini.

Tidak jauh dari kompleks masjid, terdapat reruntuhan Keraton Surosowan. Keraton yang konon kabarnya sangat indah dengan dilengkapi teknologi pemurnian air yang canggih pada zamannya, sama nasibnya dengan Istana Kaibon yang dihancurkan Belanda. Nah, kalau kamu suka sejarah, wajib deh datang ke tempat ini.


Benteng Speelwijk




Benteng ini terletak di Utara Masjid Banten. Benteng Speelwijk didirikan oleh VOC Belanda dengan bantuan arsitek muslim, Hendrik Lucaszoon Cardeel. Namanya Speelwijk sendiri dipakai sebagai penghormatan terhadap Gubenur Jenderal Belanda waktu itu, Cornelis Jansz Speelman.



Walaupun sedikit bersuasana agak menyeramkan dengan adanya kompleks pekuburan Belanda yang dinamakan Kerkhoff, tetapi pemandangan di Benteng Speelwijk ini sangat indah. Kamu pasti akan setuju dengan saya saat kamu mendatangi tempat ini. Apalagi jika kamu datang di pagi hari, saat matahari terbit. Yuk saksikan sendiri keindahan Benteng Speelwijk ini.

Rumah Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan Balada Si Roy? Yang seangkatan dengan saya pasti tahu tokoh cerita yang dibuat oleh Gol A Gong ini. Ya, si Roy memang fenomenal pada zamannya. Dan sekarang pun masih tetap tersimpan di hati banyak orang.



Nah, Gol A Gong, ternyata tinggal di Banten, tepatnya di Desa Ciloang, Serang. Beliau bersama istrinya Tias Tatanka, mendirikan Rumah Dunia. Rumah Dunia ini terbuka bagi siapa saja penggemar literasi. Selalu ada kegiatan di Rumah Dunia, mulai dari puisi, menulis, sastra, temu blogger, bedah buku, pemutaran film, dan lain-lain. Buat saya, tempat ini bisa menjadi alternatif wisata edukasi yang menarik. Terlebih sekarang, Rumah Dunia sudah dilengkapi dengan fasilitas cafe Solidarnos, makan sambil baca buku. Asyik khan?

Durian Jatuhan Haji Arif


Yang satu ini adalah buah yang selalu jadi kegemaran banyak orang, sekaligus dibenci sebagian orang karena baunya yang menusuk. Durian namanya.



Di Serang, ada tempat yang bernama Durian Jatuhan Haji Arif. Tempat ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Tempat ini menawarkan sensasi makan durian yang jatuh langsung dari pohonnya. Eh, tapi bukan berarti pohonnya ada disitu ya. Maksudnya, durian yang ada disini adalah durian jatuhan, jadi rasanya pasti dijamin manis, karena sudah matang di pohon. Nah, kalau kebetulan dapat yang tidak enak, bisa ditukar kok.

Itu dia rekomendasi 5 tempat  tempat asyik yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Serang, Banten.

***


Gimana dengan artikel yang ditulis oleh Levina di Guest Post kali ini? Seru kan yaa? Jadi, pingin liburan ke Banten kalau kayak gini. Terima kasih, Levina, untuk waktunya, dan sharingnya. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.





Buat kalian yang ingin mengisi rubrik Guest Post bisa lhooo.. Tinggalkan saja alamat email kalian atau kalian bisa email aku langsung. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan, keakraban, pengetahuan di antara teman-teman semua.


***
Tentang Levina :
Levina Mandalagiri, saat ini bekerja sebagai buruh pabrik di daerah Anyer. Memiliki hobi menulis dan memiliki cita-cita ingin menerbitkan buku. Untuk saat ini kesibukannya selain bekerja juga menjadi seorang ibu dari 2 bocah yang beranjak dewasa. Kamu bisa melihat kesehariannya di Facebook | Twitter | Instagram | Blog.


3 comments on "5 Tempat Asyik yang Wajib Kamu Kunjungi di Serang, Banten | Guest Post"
  1. saya tinggal di Prof.Banten tp semua tempat itu blm didatangi :(

    ReplyDelete
  2. Dulu suami pernah dinas di Banten mba...waahhh jadi pengen kesana niih, belum sempet berwisata soalnya :)

    ReplyDelete
  3. Dulu suami pernah dinas di Banten mba...waahhh jadi pengen kesana niih, belum sempet berwisata soalnya :)

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature