24 December 2015

Dermaga Masa Lalu - Ainun N & Asri R | Book Review, Giveaway

Judul Buku : Dermaga Masa Lalu
Penulis : Ainun Nufus dan Asri Rahayu MS
Penerbit : Diandra Creative
ISBN : 978-602-336-144-1

And the synopsis..

Kamu tak perlu menjauh
Tetaplah di situ
Aku tahu caranya mundur
Walau hatiku hancur
Mungkin kita bahagia di cerita yang berbeda
Biarlah takdir yang bercerita

Here we go..

Saat seseorang terdesak barulah dia memiliki keberanian lebih

Zico mengenal Krystal yang notabenenya adalah sahabat yang sudah sedari lama menemani hidupnya. Lambat laun perasaan cinta itu tumbuh di hatinya, dan Zico selalu berusaha memberikan sinyal kepada Krystal. Namun, yang diberi sinyal, tak pernah menyadarinya. Kesal, Zico pun akhirnya memutuskan mengatakan pada Krystal jika dia menyukai orang lain, Siana. Dengan harapan, Krystal akan merasa cemburu. Namun, lagi-lagi Zico menelan kekecewaan.

Tak seharusnya ada cinta untuk seorang sahabat jika tak ingin ada yang berubah dan terluka.

Enam tahun Krystal mencoba melupakan dan mengikhlaskan Zico. Namun, pertemuannya kembali membuka luka lama yang sudah terpatri dalam hatinya. Pengakuan Zico mau tak mau menambah luka itu semakin dalam. Pertemuannya dengan sosok Ben, lambat laun mampu membuat Krystal yang dulu ceria, akhirnya kembali lagi. Apakah kehadiran Ben justru membuat kedudukan Zico tersisihkan? Lalu, siapakah yang dipilih oleh Krystal?

Kasih aku kesempatan buat bicara, aku ada karena kamu ada

Dermaga Masa Lalu, sebuah kisah yang benar-benar mampu membuat pembacanya up down merasakan emosi. Kalau boleh pinjam istilah kerennya anak muda jaman sekarang, gregetan banget. Inginnya itu Zico itu sikapnya gini, Krystal itu gini, Ben itu gini. Tapi, seiring berjalannya waktu, semakin bertambah baper baca cerita ini. Dan memang susah menebak alurnya. Karena memang terlihatnya endingnya akan seperti ini, tapi ternyata nggak. Berbeda dari yang dibayangkan. Imajinasiku berantakan *berimajinasi tentang sailormoon soalnya*.

Semua memang masa lalu, tapi kenapa masa lalu selalu menyapa dan menyakitinya tak henti? Dia ingin menyepi, setidaknya sampai rasa sakitnya berkurang

Penulis menceritakan tokoh Zico, Krystal, Ben, Siana secara seimbang. Dimulai dengan kilasan masa lalu dari Krystal dan Zico kemudian beralih dengan pertemuannya dengan Ben dan Siana. Membuat pembaca semakin penasaran dengan apa yang akan terjadi di part selanjutnya. Masa lalu yang begitu pelik antara Zico dan Krystal, kemudian kehidupan masa kini antara Krystal dan Ben, yang ternyata berkaitan satu sama lain, semakin membuat pembaca gregetan dengan apa sikap masing-masing tokoh. Kisah ini benar-benar sukses membuat perasaan pembaca bercampur jadi satu. Ada sedih, happy, was-was, dag dig dug, dan gregetan.

My Scrap Book bingung jika diminta memilih tokoh mana yang harus dipilih. Tapi, kalau boleh sih, mau milih tokoh Ben. Ben mampu membawa dirinya masuk ke dalam hati Krystal. Ben yang dewasa, humble, dan selalu ceria, membuat My Scrap Book benar-benar jatuh cinta dengan tokoh Ben. Agak terkejut sedikit memang dengan ending yang benar-benar nggak bisa diduga. Pinginnya sih sama yang ini ternyata sama yang itu.

Maaf hanya bisa jadi mimpi burukmu, tapi bagaimana pun aku tak bisa menghapus perasaanku. Aku menyayangimu


Overall, novel ini amat sangat very recomended banget buat kalian yang suka dengan cerita romansa percintaan. Walaupun konfliknya benar-benar menguras emosi dan air mata, namun benar-benar membuat kita tak bisa meletakkan sebentar saja novel ini. Karena memang harus dibaca hingga tuntas.. tas.. tas..

Takdir seolah mempermainkan kita, dan di sini akulah yang paling bersalah

Ternyata mengikhlaskan itu hanya omong kosong bibirnya saja, hatinya tetap tak bisa jauh dari Krystal

Bahagia itu sederhana. Tak perlu banyak kata yang terucap, yang terpenting adalah tindakan yang nyata

====== GIVEAWAY TIME ======

Ainun Nufus – Asri R dan My Scrap Book kali ini akan membagikan 1 buah buku Dermaga Masa Lalu untuk satu orang yang beruntung *baik banget kan kita bertiga?*. Caranya gampang banget, cukup ikuti langkah berikut dibawah ini:
  • Jawablah pertanyaan berikut ini pada kolom komentar: 


  • Follow 'Peek A Book' via Google Friend Connect, Google +, Facebook Fanpage, dan Twitter @princessashr
  • Follow akun twitter @nufus_ , Asri R di @princessashr, dan Diandra Creative @bikinbuku
  • Wajib meninggalkan komentar pada post Dermaga Masa Lalu - Ainun Nufus & Asri R | Ask Author 
  • Share info giveaway ini dengan menyertakan link, lalu mention @bikinbuku, @nufus_ dan @princessashr dengan hashtag #DERMAGAMASALALU
  • Giveaway ini berlangsung selama 24 - 31 Desember 2015
  • Pemenang akan diumumkan paling lambat 2 hari setelah Giveaway selesai
  • Goodluck (^________^)

17 comments on "Dermaga Masa Lalu - Ainun N & Asri R | Book Review, Giveaway"
  1. jadi pengen baca novelnya

    ReplyDelete
  2. Ten | @ten_alten
    https://twitter.com/ten_alten/status/679925615093366785

    "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    -->> aku harap aku tidak pernah mengalami hal itu, hehe..
    jika itu terjadi padaku, aku akan tetap memilih seseorang yang di sampingku. cinta masa lalu tetap ada di masa lalu dan menjadi cerita.
    aku bisa melewati hariku setelah berpisah dari cinta masa lalu, aku bahkan sudah melewati hidupku dengan tanpa dia, berarti walau aku bertemu lagi pun aku tetap bisa melanjutkan hidup tanpa dia, karena dia hanya ada di masa lalu, dan juga aku sudah bersama dengan seseorang yang mencintaiku juga kucintai sekarang. hidup harus terus melangkah maju. :D

    karena yang abadi itu adalah perubahan. sedangkan cinta itu menggunakan perasaan, dan perasaan bisa berubah, entah naik entah surut. ^^/

    ReplyDelete
  3. Nama : Siti Nuryanti
    Twitter : @nelyRyanti
    Link share :https://twitter.com/NelyRyanti/status/680009880657244160

    Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    Jawaban
    Kalau saya bertemu dengan cinta masa laluku, belum tentu saya dapat bersikap normal, layaknya ga pernah ada kenangan apappun. Mungkin saya akan sedikit deg-degan dan nervous, tetapi saya tidak akan menunjukan perasaan nervous saya, sedapat mungkin dikendalikan, sehingga dia tidak akan melihatnya. Saya akan bilang, terima kasih dulu sudah pernah menjadi bagian hidupku yang mungkin tidak mudah terlupakan, tetapi hidup terus berjalan ke depan, dan masa lalu telah kutinggalkan di belakang. Jadi saya akan meneruskan hidup saya bersama orang di samping saya saat ini.

    ReplyDelete
  4. Nama : Aulia Resky
    Twitter : @AuliaaRez
    Link Share : https://twitter.com/auliaarez/status/680069724525350918

    "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    Yang jelas pasti deg-degan banget dan nervous. Ada rasa takut juga, takut gagal move on karena seseorang di masa lalu pasti pernah memberikan kenangan yang indah dan kita pernah menjalin suatu hubungan kasih dengannya, so wajarkan jika rasa itu belum sepenuhnya hilang? Pertahanan yang di buat pun pasti bisa runtuh dengan mudah, sedikit perhatian saja saya bisa langsung melting dan akhirnya berpikir bahwa saya lebih mencintainya dari pada seseorang di sampingku. Tapi maaf saya tak sebodoh itu, rasa itu mungkin masih ada tapi jelas ada pembatas yang tak akan pernah bisa di lewati. Seseorang yang berada di sampingku jauh lebih berharga, ia merupakan obat atas kepedihan di masa lalu. Dinding yang selalu memperingati bahwa kami tak dapat bersatu, hiduplah untuk masa depan. Belajar dari masa lalu bukan kembali pada masa lalu. Masa depanku adalah orang yang berada di sampingku. Tak mungkin ku sia-siakan hanya untuk seseorang yang kembali lagi di kehidupanku. Jika saya di beri kesempatan untuk berbicara dengannya, hal pertama yang akan saya ucapkan adalah mengusirnya. Mengusirnya dari kehidupan saya yang baru. Ini hati, perasaan, bukan sebuah mainan yang bisa di mainkan sesuka hati. Datang dan pergi sesuka hati, kembali namun menghancurkan, pergi dan meninggalkan luka. Masa lalu tetaplah masa lalu, tak akan ada yang pernah berubah:) Sekian, Arigatou Gozaimasu^^

    ReplyDelete
  5. Nama : Cahya Widyastutik
    Twitter : @cahyawid
    Link share : https://mobile.twitter.com/cahyawid/status/679910923385999360
    Jawaban :

    Aku bakal biasa saja, layaknya bertemu seorang teman. Mantar pacar ngga harus dimusuhi, karna gimanapun dia jg jadi someone yg spesial di hati kita.
    Aku pernah bertemu dengan seorang mantan di suatu perjalanan, aku bergandengan dengan seorang pria yang jauh lebih spesial daripada dia. Aku sapa dia, tanya kabar, bla bla blaaa. Dan dia jawab sekenanya.
    Kemudian aku kenalin orang yg disamping aku tadi, dia senyum doang dan tanya kabar aku. Aku jawab aja " aku udah bahagia, sangat. Kamu juga jangan lupa bahagia." Dia diam dan kemudian pamit ngundurin diri(baca : dia menghindar dari percakapan berikutnya). Aku senyum
    Ngga perlu takut ketemu sama mantan, toh dia masih manusia kan. Apanya sih yg nakutin?
    Cukup tunjukin ajah kalo kamu udah bahagia dengan yang baru, itu udah jadi hukuman yang telak bagi dia. Hati-hati jangan kebawa perasaan tapi.

    Aku ngga mau noleh ke belakang, ngintip apalagi. Anggap aja kenangan dulu itu sebagai pelajaran, karna ada seseorang yang jauh lebih spesial disampingku saat ini yang pantas buat dibahagiain.
    "Kalo aku disuguhi kolak fresh from the oven, kenapa harus ngangetin kolak basi."

    ReplyDelete
  6. storynya bagus, jadi penasaran sama novelnya :D

    ReplyDelete
  7. Hikmawati Cahyaningtyas | @tyashc
    https://twitter.com/tyashc/status/680211809287016452

    "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    Begitu lihat dia dari jauh saja, pasti deg-degan. Terus nggak bisa ngomong dan nggak tahu mau ngomong apa. Kalau bisa memilih kabur dan nggak papasan sama dia. Tapi jika terpaksa ketemu, mungkin aku hanya akan say hai dan basabasi tanya kabar. Lalu pergi.

    Bertemu dengan seseorang di masa lalu kadang bikin lebih nervous dari pada interview kerja, eh. Bukan berarti masih ada rasa, tapi menghindari baper (bawa perasaan) dan menjaga hubungan dengan seseorang spesial yang sekarang di sampingku.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Emma | @EmmaNoer22 | Pekan Baru |
    https://mobile.twitter.com/account


    #namanya masa lalu, atau tepatnya rasa suka yang lebih ke seseorang di masa lalu, jadi mungkin ketika bertemu aku akan bilang 'hai, apakabar?' dan berbasa-basi dengan santai, karena aku sudah memiliki seseorang yang jelas-jelas ada disampingku saat ini yang menggantikan posisinya di hatiku. Berarti sudah jelas aku sudah move on dari cinta masa lalu atau rasa suka yang lebih terhadap orang itu di masa lalu. Mungkin ada perasaan yang menggelitik di jatung dan perut saat bertemu lagi, apalagi kalau orang itu berubah dari saat dulu.


    Misalnya setahun lalu aku ketemu cinta masa lalu jaman SMA yang hampir tiap saat di masa itu aku merasa benci sama dia, tapi di lain sisi aku masih sayang dan lebih menyedihkan tiap kali mendengar kabar dia punya pacar atau gebetan baru disekolah, sedangkan kami satu kelas. Alhasil setiap kali nggak sengaja bertemu pandang pasti ekspresi galak yang selalu aku kasih ke dia, tahun lalu dia mampir kerumah untuk silahturahmi, hampir 2 tahun nggak temu dan saat itu aku mendapati dia sedikit berubah lebih kalem dan nyaman dengan apa yang dia lakukan. Kami ngobrol dan berbasa-basi cukup lama, tapi berbeda dengan dulu yang aku rasakan saat masih sekolah SMA, perasaan grogi dan marah tiap kali melihatnya sudah tidak terasa semenyakitkan dulu. Aku justru nyaman dan santai dalam obrolan itu, mungkin tanda bahwa aku sudah berdamai dengan cinta masa lalu-rasa suka yang lebih, move on. Karena orang lain sudah ada yang mengisi posisinya yang dulu.
    ---

    Tapi mengenai jodoh kita kan nggak tau, apakah dia orang di masa laluku atau orang yang saat ini ada disampingku atau seseorang di masa depanku kelak. Yang pasti meski itu orang di masa lalu sekalipun, ketika dia datang di kehidupan ku lagi membawa cinta yang baru, siapa yang tau itu adalah masa depanku, untuk bersama orang tersebut.

    ReplyDelete
  10. Nama : Shanty Ary
    Twitter:@_ShantyAry
    Email:ary_maroon@yahoo.com

    Jawaban:
    Aku bakalan nyapa dan nanya gimana kabarnya? Gimana keadaannya sekarang. Bersikap layaknya teman biasa saja. Sikapnya juga biasa aja. Ga usah di baper-in. Kan udah mantan. Masa lalu untuk di kenang dan jadi pelajaran. Lagian juga udah punya gandengan baru. Setia sajo. Ga usah mikir aneh-aneh.

    ReplyDelete
  11. Riqza Nur Aini | @riqzanainiee | Demak,Jawa Tengah | https://twitter.com/riqzanainiee/status/680200602056445952?p=v
    .
    .
    "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"
    .
    .
    Aku harap kejadian seperti ini tak akan pernah terjadi di hidup aku.Aku pribadi,akan tetap setia pada seseorang yg sekarang ada di sampingku.Masa lalu ya masa lalu,yang sekarang ya sekarang.Apalgi cinta masa lalu itu menyakitkan...
    Tapi jika cinta masa lalu itu muncul,dan menumbuhkan luka lama dihatiku..
    Aku akan bilang padanya :
    "Dulu,saat aku benar-benar cinta ke kamu,rela ngorbanin apa saja demi kamu,kamu malah pergi.Kamu ninggalin aku sendirian.Kamu nggak ada disaat aku butuh kamu.Kamu malah ngehianatin cinta kita dan pacaran sama cewek lain!Apa itu yang namanya cinta!!??Uudah cukup aku ngerasain sakit karena kamu dulu,dan sekarang biarkan aku bahagia dengan seseorang yg sekarang ada dihatiku.Lupain aku!Lupain kenangan masa lalu tentangkita!Lupain semmuanya!Lupain...
    Aku minta maaf ke kamu.Bukannya aku mau nyakitin hati kamu,aku enggak bermaksud kek gitu.Semua ini juga demi kebaikan kamu.Aku enggak mau kamu terus-terusan ngarepin aku yang nyatanya kini telah bahagia dengan yg lain.Kamu harus bangkit dari masa lalu yang mengikatmu,kamu enggak boleh terus-terusan kayak gini.Aku udah bisa move on dari semuanya,kamu juga harus bisa move dong!Jangan mulu-mulu ngarepin aku..Aku mohon,lupain aku dan masa lalu kita yg menyakitkan itu.Aku yakin,kamu pasti bisa bangkit lagi,Kamu harus tetap semangat yaa"

    ReplyDelete
  12. nama :novia
    twitter :@huangaifang0909
    email :huangaifang09@gmail.com
    link share :https://twitter.com/huangaifang0909/status/681212011661754368

    "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    jawaban dari saya adAlah :
    Aku akan bersikap biasa saja. Meskipun di hati kecil aku masih terpaut nama dia dan hati sangat sakit bila ketemu sama cinta masa lalu.Tetapi aku tidak boleh selalu melihat ke belakang karena sekarang aku sudah memiliki seorang yang sangat mencintai dan menyayangi aku apa adanya. Walaupun aku belum sepenuh nya menaruh hati kepada dia tetapi dia selalu ada di saat aku membutuhkan dia di kala senang atapun susah bukan seperti masa lalu aku.
    Meskipun si masa lalu datang untuk menjelaskan alasan kenapa dia pergi meninggalkan aku, aku tidak boleh sepenuhnya mempercayai omong kosong yang belum tentu benar . dan aku tidak akan pernah tergoyahkan dengan seribu alasan yang di berikan ke aku dan aku tidak akan pernah lagi kembali dengan masa lalu yang menyakitkan . aku harus menjaga hati aku untuk orang yang sekarang berada di samping aku. kita harus ingat untuk tidak untuk melihat masa lalu ,kita harus bangkit untuk melihat masa depan kalau kita tidak ingin selalu di hantui dengan masa lalu "

    ReplyDelete
  13. "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    Jawaban:
    Jika saat itu terjadi aku masih sendiri, mungkin aku akan deg-degan, nervous dan juga penuh harap, masih berharap rasa yang dulu bisa kembali bertaut jika dia juga belum memiliki pasangan, tapi kalau dia sudah punya pasangan… ya cuma bisa mendam perasaan dalam hati aja kali ya ;(

    Namun jika saat itu terjadi aku sudah memiliki pasangan, aku akan bersikap biasa saja, bahkan cenderung cuek, menganggap tidak pernah ada kenangan dulu, apalagi kalau kenangan itu menyakitkan. Selain itu karena sudah memiliki seseorang yang mendampingi aku, tentu saja sang masa lalu itu tidak akan menjadi perhatianku lagi. Untuk sopan santun mungkin aku akan menyapa dia, kalau perlu memperkenalkan pasanganku sekarang padanya, biar dia tahu kalau aku sudah move on! :D

    Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    GFC: nunaalia 79
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/681732505012027392

    ReplyDelete
  14. Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf
    email: evita.mf27@ymail.com
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/681862609130291200

    "Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?"

    Aku bukan orang yang mikirin masa lalu, kalau udah berlalu yaudah lupain aja. Jadi kalau ketemu sama orang yang aku suka di masa lalu, dan lagi sama orang yang aku miliki di sampingku, aku bakal sapa sapa dan basa-basi sama dia. paling yang aku bicarain sama dia cuma apa kabar? tinggal di mana sekarang? kerja apa? cukup itu aja.
    Kalau dianya pura-pura nggak kenal, ya aku lebih seneng. Nggak usah nyapa dia deh. XD

    ReplyDelete
  15. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/682192013102428161

    Jika kamu bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, dan kamu sudah memiliki seseorang di sampingmu, bagaimana reaksi kamu dan apa yang akan kamu ucapkan pada dia?

    Jadikan masa lalu sebagai pelajaran, itu prinsip aku sih. Jadi kalau misalnya aku bertemu kembali dengan cinta masa lalumu, mungkin aku akan biasa aja, atau juga berterimakasih karena dengan dia, aku bisa belajar untuk masa depan. Menjadi lebih baik lagi dengan kesalahan-kesalahan yang udah terjadi dimasa lalu, dan mengolahnya untuk masa depan. Itu yang bakal aku lakuin.

    ReplyDelete
  16. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/682222212791668736

    Jika saya bertemu kembali dengan cinta masa lalu saya, mungkin pada awal bertemu reaksi saya pasti terkejut dan gak nyangka akan ketemu lagi setelah sekian lama tapi setelah itu pasti saya akan berusaha bersikap biasa seperti layaknya bertemu teman lama. Saling bertegur sapa, menanyakan kabar, dan hal-hal biasa lainnya. Itu lah yang akan saya ucapkan ketika bertemu kembali dengannya. Karena bagaimana pun hubungan kami di masa lalu, dia tetap masa lalu saya. Ditambah saat ini saya sudah memiliki seseorang disamping saya, itu artinya ada hati lain yang harus saya jaga. Selain itu tidak menutup kemungkinan, kalau dia juga sudah punya seseorang disampingnya. Jadi saat bertemu, saya akan tetap bersikap biasa agar orang-orang disamping saya maupun dia tidak ada yang salah paham... :)

    Terima kasih kak ^^

    ReplyDelete
  17. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/682575235124715521

    Reaksiku bila bertemu dengan cinta masa laluku ketika aku sudah punya penggantinya? Well, biasa aja sih sebenarnya. Faktanya emang udah sering ketemu. Tapi kalau sikonnya misal lagi di mall trus papasan, aku lebih memilih untuk pura-pura nggak lihat dia. Males basa-basi hihihi. Lagian awkward juga kalau mau nyapa duluan. Kecuali kalau kepergok ketahuan saling lihat satu sama lain. Paling kasih senyum aja. Atau bahkan dia yang berani menghampiri ke rumah langsung. Nah, ini malah pernah kejadian. Nggak bisa menghindar lagi. To be honest, yang kayak begini biasanya nggak jauh-jauh dari ngajak balikan. Ah, so last year. Then I'm gonna say:

    "I've already move on now, my dear. No space for you anymore. Bosen ah. Lu lagi, lu lagi. Bhay!"

    Tapi ini ngomongnya sambilan pake nada becanda biar nggak dibilang galak dan ketus atau punya dendam gitu. Hehehehe

    ReplyDelete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature