03 April 2015

Suka Duka Menulis Book Review

http://www.howdesign.com/wp-content/uploads/2011/05/HOWBookends.jpg
Diambil dari Howdesign
Kembali lagi di The Journal. Kali ini saya mau cerita suka duka nulis Book Review. Apa aja sih suka dukanya? Banyakkan sukanya apa dukanya? Hmm.. sebelum itu, boleh saya cerita sedikit kenapa Book Review saya berbeda dari yang lain? Saya pecinta kata-kata yang menurut saya bagus dan deep meaning banget. Chessy ngga sih? Menurut saya, ngga sih *bela diri sendiri*. Kenapa? Karena saya juga suka bikin kata-kata pas lagi terlintas ide di kepala cantik saya. Kalau yang lainnya mungkin nulis Book Reviewnya dengan mengulas isi novel tersebut, lha kalau saya juga seperti itu, ntar dikira ngga kreatif, ikut-ikutan. Yah, jadinya saya memilih kesini, write the nice word in this novel.


Jujur, saya suka membaca novel. Dari eragon, Narnia, harry potter, twiligt saga sampai ke teenlit dan novel-novel romance lainnya. Dari situ tertarik ingin bikin review dari novel tersebut tanpa mengurangi ataupun menyinggung siapapun. Baca novelnya kalau dulu bisa sehari atau bahkan 2-3 jam selesai, tapi, sekarang ngga bisa. Dikarenakan kesibukan juga, jadi baca bukunya bisa molor sampai 2-3 hari baru selesai. Setiap baca buku dan nemu ada kata-kata yang oke menurut saya, langsung deh lipat sana, lipat sini mirip seni origami.


Kalau ditanya, budget beli bukunya berapa sih? Ngga tentu dan ngga pasti. Tergantung baca sinopsisnya dulu, kalau menurut saya bagus, langsung capcus beli. Kalau ngga ya udah beli komik detective conan aja. Ngomong-ngomong detective conan, saya belum beli komiknya lagi *curhat*. Terkadang malah bisa sampai berbulan-bulan ngga beli buku. Tapi, begitunya sekali beli buku, langsung deh pinginnya setoko dibeli. Jujur, budget beli buku sama budget buat makan dan beli bensin, terkadang lebih besar budget buat beli buku. Apalagi kalau penulis-penulisnya pada ngadain PO.. tambah deh, heboh, gimana caranya bisa dapat itu buku plus ttdnya penulis.


Saya terkadang juga bisa dibilang tekor sih beli buku buat dibaca terus bikin review.. kalau baca versi pdfnya, ngga puas, karena ngga bisa megang bukunya langsung *alasan sih ini*. Pernah, saya punya keinginan dan belum terwujud sampai sekarang. Tiba-tiba ada penulis yang kasih bukunya gratis ke saya buat direview seperti yang biasanya saya buat. Tapi, belum kesampaian. Ya sudahlah, siapa tau nanti tiba-tiba ada penulis yang hilaf kasih bukunya ke saya.. syukur-syukur tiap hari ada aja yang kasih buku ke saya gratis..hehe..

Ada yang berminat? *ngarep banget*
8 comments on "Suka Duka Menulis Book Review"
  1. Semoga nanti ada penulis yang mau kasi buku gratis karena buku mereka uda di review ya mak
    memang suka duka review buku itu seru heee

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mak.. Berdoa terus ini, mak.. Siapa tau ada penulis yang baca dan kemudian kasih buku gratis..
      Ini aja bikin book review aja kalau mention ke penulisnya kadang dag dig dug, mak.. suka ngga yaa kira-kira penulisnya..

      makasih, mak, udah mampir

      Delete
  2. Aku baru dua kali mak bikin book review, itu juga karena memang pengen banget n berhubung ni buku aku suka banget. Pengen konsisten sih bikin book review tp masi susah. Kalo urusan beli buku, alhamdulillah suami kerja di salah satu anak perusahaan penerbit terbesar jd mayan dpt diskon kalo beli walo cuma 20 persen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa.. enak tu, mak, bisa dapat diskon.. Aku aja, kalo pingin dapet diskon mantengin toko buku online atau liat profil penulisnya kali-kali ngadain PO, jadi dapet harga murah meriah..hehe..

      Book reviewnya aku ngga terlalu ribet sih, mak.. Itu aja, pasti buku lama yang mau direview selalu ketinggalan kalau udah ada buku baru.. Masih numpuk di Rak Buku..

      Delete
  3. Mau juga dikasi buku gratis *ekh salah fokus Maakk :D

    Semoga ada penulis yg baca tulisan ini ya Mak, biar bisa dikirimin buku gratsi beneran, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiinnn, makkk... Makasih, mak, doanya...

      Cewek itu selalu mupeng kalau udah berhubungan sama yang namanya diskon sama gratisan..wkwk...

      Delete
  4. Kalo reviewnya lebih detail bisa banyak penawaran dari penerbit, mak. Apalagi kalo masuk ke grup khusus reviewer di blog. Namanya BBI. Cek aja di twitter @BBI_2011. Tapi harus detail reviewnya dan di blog khusus buku. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mak...

      Saya kalo review hanya simple kok, mak.. ngga mau beribet.. cuma quotes-quotes ajah.. itu juga udah bikin penasaran, mak..

      Makasih, mak buat sharingnya :D

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature