05 February 2015

The Dreamcatcher

Malam ini ditemani lagu-lagu dari Band Jikustik dan Rio Febrian yang kebetulan galau dan tidak sesuai dengan suasana hati saya, tapi ya sudahlah daripada bengong ngga ngapa-ngapain. Iseng-iseng mikir mau nulis apa di blog. Akhirnya muterin dan ngelihatin kamar, nemu satu benda yang memang udah lama juga (1-2 tahun hitungannya udah lama kan ya?). So, I decided to write this thing. What is that? Yup, Dreamcatcher or Penangkap Mimpi. 

Mikir-mikir, apa iya yaa, kegunaan dreamcatcher cuma sebagai penangkap mimpi ajah? Umm.. Ternyata ngga cuma itu aja. Di budaya asli Amerika sendiri, dreamcatcher itu sebuah benda buatan tangan berdasar lingkaran willow, yang ditenun jaring longgar. Dreamcatcher tersebut kemudian dihiasi dengan barang-barang pribadi dan suci seperti bulu dan manik-manik (diambil dari sumber : wikipedia). 

Dokumentasi Pribadi

Sedangkan di menurut legenda bangsa Indian, Dreamcatcher itu punya banyak arti dan biasanya digunakan untuk menangkap mimpi-mimpi yang bagus. Sedangkan untuk mimpi buruk dipercaya akan terjebak di tali temalinya lalu hilang beserta terbitnya matahari. Selain punya makna yang keren, ternyata dreamcatcher juga bisa di mix and match dengan berbagai outfit favoritmu, lho. Seperti oversized t-shirt dan cropped top untuk pergi hang out bareng temanmu atau juga maxi dress untuk menghasilkan gaya indian look yang simply gorgeous. Biar gayamu nggak berlebihan, sebaiknya jangan memakai aksesori lainnya, misalnya dropped earring atau headpiece (diambil dari sumber : gadis).

Ada banyak sekali legenda-legenda indah mengenai asal usul dream catcher ini, yang menceritakan apa yang bisa dilakukan oleh penangkap mimpi itu. Indian Lakota, misalnya, mempercayai bahwa mimpi yang baik ditangkap untuk menjadi bagian dari jaringan kehidupan, sementara mimpi-mimpi buruk akan lewat begitu saja melalui lubang yang ada di tengah penangkap mimpi. Legenda suku Navajo, Ojibwe, dan Chippewa menyatakan bahwa jaring itu menangkap mimpi buruk, mencegahnya masuk ke dalam impian, sementara mimpi-mimpi yang baik akan lewat melalui lubang di tengahnya. Dalam legenda ini, sinar matahari pagi akan memurnikan jaring itu dari mimpi-mimpi buruk yang ditangkapnya semalam. Penangkap mimpi untuk anak-anak dengan legenda yang disebut terakhir ini memiliki sebuah bulu di lubang tengahnya sehingga mimpi-mimpi yang baik bisa masuk ke dalam bulu itu dan masuk ke dalam mimpi.

Penangkap mimpi tradisional memiliki delapan titik tempat jaring menempel pada lingkaran, hal ini melambangkan delapan kaki laba-laba. Laba-laba melambangkan energi penciptaan kaum wanita, kebijaksanaan, dan pembelajaran. Dalam kebudayaan orang Indian, penangkap mimpi sangat penting untuk digantungkan di atas tempat tidur bayi supaya bayi terlindung dari mimpi buruk atau “angin jahat” (energi yang buruk). Penangkap-penangkap mimpi ini, kesemuanya dibuat dari simpai dan urat jaring pohon willow, tidak dibuat untuk dipakai selamanya. Ketika si anak tumbuh dewasa, penangkap mimpi ini biasanya diganti dengan yang baru untuk siklus kehidupan si anak berikutnya.

Meskipun gagasan tentang mimpi merupakan gagasan yang umum dikaitkan dengan dream catcher, tampaknya tujuan pemaknaan yang sesungguhnya dari penangkap mimpi ini lebih luas lagi. Legenda suku Lakota, misalnya, meyakini bahwa selama perjalanan kehidupan banyak kekuatan yang bisa menghalangi kesadaran atas Roh Besar. Keyakinan pada Roh Besar bisa membuat penangkap mimpi tidak hanya akan menangkap mimpi-mimpi baik namun juga visi, gagasan, dan peluang yang baik yang bisa membantu seseorang mencapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, dream catcher tidak hanya berguna untuk tidur saja, namun lebih merupakan totem atau jimat yang dipercaya oleh sementara orang bisa memusatkan energi baik dan menghilangkan energi negatif (diambil dari sumber : wisegeek). 

Saya sendiri mengenal Dreamcatcher ini sewaktu saya menonton drama korea berjudul The Heirs. Iseng-iseng pingin punya dong dreamcatcher ini, so, browsing kesana-kesini, finally dapat juga. Dan langsung saya pasang aja di kamar. Hmm, semoga selalu bermimpi baik yaa.. Tapi, walaupun percaya tentang legenda atau cerita mengenai dreamcatcher ini, tetep ngga pernah lupa juga untuk selalu berdoa sebelum tidur.

Apakah kalian juga memiliki Dreamcatcher seperti saya?
12 comments on "The Dreamcatcher"
  1. Wow seru juga ya mbak klo punya dreamcatcher bisa menangkap mimpi baik, sayang sekali saya tidak punya hiks...padahal saya suka kesal klo susah mengingat mimpi...TFS ya mbak, salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. saya sih percayanya sama Allah, mba.. mimpi baik ataupun buruk.. pasti ada alasannya :)
      salam kenal juga, mba :)

      Delete
  2. Gak punya Mbak...hehehe
    :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo beli, mba :) hehehehe
      salam kenal, mba :)

      Delete
  3. Toss mbak. Sayapun tau dream catcher karna eun sang dan kimtan di the heirs :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.. taunya dari The heirs.. hihi.. rada kudet ini kayaknya saya wkwkwk :)

      Delete
  4. ga punya :D saya tidur ya tidur aja mba..hehe apalagi sekarang lagi batuuk pilek pengennya tiduran terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kalo mau bo2 pasti baca doa dulu, mba.. Antara percaya dan ngga percaya sihh soal dreamcatcher..hihi..

      Cepet sembuh, mba Kania :)

      Delete
  5. gak punya tapi pengen punya mba... hihihi abis keliatannya bagus aja gitu kalo buat hiasan dikamar.
    dan kenal dreamcatcher juga dari the heirs mba ahahhaha semalem baru namatin pelemnya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah udah tamat dari pas dapet filmnya, mba.. cari, mba.. kmrn saya dapetnya juga iseng2 cek di IG kok :)
      hehehe..

      salam kenal, mba :)

      Delete
  6. dreamcatcher....pengen gk pengen hehe galau kok trus yaaaaaah. btw itu bikin sendiri ya mbak? apik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo, beli, mba..
      ga, mba, belum bisa bikinnya..
      itu dulu dapetnya pas boomingnya The Heirs..wkwk.. kena demam korea saya ternyata..hihi

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature