10 April 2014

[Cooking] Kimchi vs Sate Ayam


Kimchi... Apa sih kimchi itu? Pasti sudah banyak yang tau kan? Kalau yang belum tau apa itu kimchi, sok mari atuh, saya kasih tau.

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam."
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Udah tau kan apa itu kimchi. Trus cara bikinnya gimana? Saya kasih cara-cara bikin kimchi.

Bahan-Bahan:
- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang.
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jari jahe, parut.
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur. (butiran halus)
- 1 sdm gula.
- 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar)
- air secukupnya.
- 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Mengolah:
1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka (seperti salad) atau dijadikan nasi goreng kimchi.


Terus apa hubungannya sama judul diatas?

Jadi, ceritanya gini, hari Jumat 04 April 2014, saya dapat kiriman kimchi dari teman saya di Jakarta. Dia memang khusus bikin makanan korea, salah satunya kimchi. Kunjungin aja webnya kimchi heaven

Berhubung dirumah yang doyan kimchi cuma saya, yang lainnya cuma mencicipi aja. Walhasil, karena cuma ada kimchi aja buat makan malam, akhirnya yang lainnya terpaksa deh beli sate ayam langganan. Dan saya pun akhirnya tergoda untuk mencoba makan kimchi plus sate ayam. Jangan ditanya gimana rasanya, yummy banget deh pokoknya. Satunya asem pedas, satunya manis. Pasang foto di bbm dan path, banyak yang nanyain deh... hehe.. (iseng banget kan saya?) 

So, kalau disuruh milih antara kimchi dan sate ayam, saya ga bisa memilih. Karena saya suka dua-duanya. So, the taste is so yummy. 
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature