06 July 2011

Cara Menghilangkan Stress, Sekarang!!!

Membereskan urusan pekerjaan, tagihan, tugas rumah dan keluarga bisa bikin kepala pecah, apalagi kalau lagi pengen bersantai. Tambahkan faktor super capek dan kamu bisa merasa siap meledak sebentar lagi. Sebelum dikuasai, coba delapan cara berikut. Dijamin akan membantumu untuk tenang dan mampu berpikir jernih apapun yang terjadi.

 
1. Latihan Pernapasan
Cara bernapas bisa menenangkan tubuh terhadap stres atau malah menambah. Kalau kamu bernapas pendek-pendek, kamu menyiapkan tubuhmu untuk bertempur, termasuk melepaskan hormon stres, and you get less oxygen – yang memperparah stres.
Untuk menghilangkan stres dan menenangkan diri, berlatihlah pernapasan perut: tarik napas dalam, biarkan dada dan perut naik sampai hitungan keempat, dan lepaskan perlahan dalam hitungan keempat; ulangi latihan ini empat kali. Lakukan beberapa kali sehari, setiap hari, dan kamu akan merasa lebih tenang.






2. Tea Break
Lewatkan kopi dan pilih teh. Menurut penelitian sebuah universitas di London, meminum teh setiap hari bisa membantumu untuk bertahan dari stres sehari-hari dengan menurunkan tingkat hormon stres dan memancing rasa rileks. Kamu bisa menikmati teh pahit atau dengan susu atau gula, the choice is yours. Just sit back, enjoy your time-out, dan nikmati tehmu.






3. Kontrol Apa Yang Bisa Kamu Lakukan
Merasa banyak sekali yang harus dilakukan? Jangan panik. Tulis daftar to-do dari beberapa hal kecil yang harus dilakukan. Bereskan isi tas. Rapikan meja kerja. Buat kembali jadwal yang terlewat. Hal-hal kecil tersebut bisa membuatmu merasa ‘beres’. Dan menyelesaikan apa yang bisa kamu kontrol akan membuatmu merasa nggak terlalu panik dan down dengan yang nggak bisa kamu bereskan.



4. Hilangkan Beberapa Kata
Menjelaskan situasi dalam hidupmu dengan “sulit” atau “menantang” dan bukan dengan “stres banget,” dan kamu akan membuka dirimu pada lebih banyak pilihan untuk taking action, daripada menambah rasa stres dalam diri.
Kalau kamu memandang sebuah situasi itu menantang, kamu akan punya kekuatan untuk melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut. Kata-kata nggak hanya menjelaskan – tapi juga menciptakan emosi. Dengan mengubah pilihan kata, kamu bisa punya cara pandang baru dari situasi yang nggak menyenangkan dan membuat seakan lebih mudah untuk diatasi.



5. Use Good Scents
Teteskan rose oil atau ylang ylang di pergelangan tangan. Menurut penelitian, saat orang-orang yang sehat menyerap rose oil melalui kulit, napas dan tekanan darah bisa menurut, dan merasa lebih tenang dan rileks.
Hal yang sama ditemukan dengan ylang ylang. Beberapa tetes dan biarkan aroma yang menenangkan menghilangkan stres dari luar dan dalam.



6. Cari Ketenangan Dari Tugas Yang Nggak Butuh Pemikiran
Daripada menjalani hari bagaikan robot, coba pancing rasa rileks saat melipat cucian, mencuci piring atau tugas sehari-hari lainnya. Memang terlihat membosankan tapi pengulangan dari aktifitas tersebut justru punya efek menenangkan.
Kuncinya adalah fokuskan perhatian pada hal yang sedang kamu lakukan, seperti meluruskan celana saat menyetrika, sehingga pikiranmu nggak ‘jalan-jalan’ dan memikirkan hal yang memancing stres.



7. Tuangkan Perasaan – Pada Selembar Kertas
Jangan simpan perasaan dalam hati. Keluarkan lewat pena ke kertas. Menurut penelitian, menuliskan hal yang membuatmu stres selama 20 menit bisa menurunkan persepsimu terhadap apa yang terjadi. Apakah itu karena hal ini mengeluarkan rasa kuatir yang ada di kepala sehingga lebih mudah untuk melakukan sesuatu untuk mengatasinya, atau karena membuatmu berhenti berpikir tentang masalah yang ada, hasilnya tetap sama: Less stress, less depression and a better mood.



8. Percantik Area Kerja
Letakkan semangkuk apel hijau, yang punya aroma menenangkan. Ganti lampu dengan yang lebih lembut atau tidak mengarah langsung. Pilih screen saver yang berwarna biru laut atau hijau; penelitian telah menunjukkan kalau warna-warna tersebut bisa menenangkan.
Ciptakan titik istirahat visual dengan meletakkan foto keluarga atau orang yang kamu sayangi, tanaman yang cantik, atau lukisan yang mendatangkan rasa damai. Saat tingkat stres menanjak, ambil napas dalam dan arahkan mata ke titik istirahat tadi untuk mendapatkan ketenangan.


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature