13 April 2011

[Writter] Pingin jadi Penulis?

Tak sengaja buka suatu artikel dari suatu website...ting (muncul gambar lampunya)...kenapa ndak dimuat aja ya di blog..bermanfaat ne...

Suka dengan dunia tulis menulis???? Pingin Jadi Novelis ternama seperti misalnya Luna Torashyngu, Esti Kinasih ato yang sekelas JK Rowling??? Dan pingin tulisan, cerita atau novel kita diterbitin kayak gini dan jadi best seller???

salah satu novel mba Esti Kinasih yang terkenal


salah satu novel kak Luna Torashyngu yang terkenal

novel karya JK Rowling yang terkenal seantero dunia

Kalian mau????

Semua bisa aja terjadi, asal ada niat, kemauan dan usaha keras, tak lupa disertai dengan ide yang menarik dan berdoa tentunya...

Berikut ada beberapa tips menulis dan kali ini saya bagi 2 yaa.

1. 5 Tips Menulis Novel Fiksi Remaja 

       a. Pilihlah topik yang disukai oleh remaja. Topik seperti politik, pemerintahan, dan memasak   mungkin bukanlah topik terbaik yang bisa membuat remaja tertarik. Topik seperti cerita hantu, misteri pembunuhan, dan cerita tentang olahraga merupakan contoh topik yang diminati sebagian besar remaja.   

       b. Tulislah cerita dalam paragraf pendek. Menggunakan paragraf yang pendek-pendek akan membantu menjaga perhatian audiens remaja. Paragraf yang panjang akan membuat remaja enggan membaca novel Anda. Menulis dengan cara ini juga akan memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih banyak ruang dengan kata-kata yang lebih sedikit. 

      c. Jelaskan karakter yang Anda buat dengan sangat detail. Anda harus menjelaskan karakter yang digunakan dalam novel dengan sangat detail. Pembaca remaja akan menjadi sangat tertarik dengan novel Anda jika mereka dapat memvisualisasikan tentang siapa yang sedang mereka baca.

        d. Masukkan bahasa atau istilah prokem remaja yang sedang populer. Pastikan Anda memahami konteks dan penggunaan istilah-istilah prokem tersebut sebelum menggunakannya dalam novel. Salah satu cara terbaik adalah berbicara dengan remaja-remaja di sekitar tempat tinggal Anda atau mengunjungi SMP atau SMU terdekat, sehingga bisa sepenuhnya memahami bagaimana remaja berbicara dan bergaul dengan teman-temannya.

        e. Tunjukkan perilaku atau etika yang baik. Jika salah satu karakter Anda melanggar hukum atau berperilaku buruk, pastikan mereka tertangkap atau dihukum. Ini akan menunjukkan kepada orangtua bahwa Anda tidak membenarkan perilaku tersebut, dan untuk para pembaca remaja Anda, Anda memberi pesan bahwa perilaku atau kebiasaan buruk pada akhirnya akan mendapatkan hukuman.


2. 5 Tips Menulis Novel Remaja
         a. Kenali audiens. Anda menulis untuk orang-orang dengan rentang usia 13-18 tahun. Ini merupakan rentang usia yang lebar, sehingga perlu lebih disempitkan lagi. Remaja yang berusia dekat dengan usia 13 akan memiliki ketertarikan atau minat yang berbeda dengan remaja yang berusia lebih tua. Tetapkan target pembaca pada usia berapa sebelum mulai menulis. Kemudian, mulailah menulis cerita seolah sedang mambacakan cerita dan biarkan mengalir secara alami. Hindari gaya penulisan seperti berpidato. Jika cerita memiliki tema atau pesan, biarkan keluar secara alami dalam cerita.
          b. Memilih genre. Novel remaja bisa ditulis sebagai fiksi komedi, cerita misteri, thriller, roman, paranormal, atau fiksi ilmiah. Pilihlah salah satu atau dua genre untuk cerita dalam novel Anda. Sebagian besar orang memilih buku dengan genre yang mereka suka. Seseorang yang suka cerita komedi dan kisah percintaan, tidak mungkin mau membaca novel fiksi ilmiah.
           c. Membangun karakter. Bangun karakter utama yang bisa diidentifikasi oleh remaja. Sebaiknya karakter tersebut berusia sama dengan remaja sendiri untuk menjaga minat mereka, daripada karakter yang terlalu tua atau terlalu muda. Karakter yang Anda buat harus tumbuh secara emosional, dan mungkin akan berubah seiring berjalannya cerita karena mendapatkan pengalaman baru. Karakter harus memiliki tujuan dan motivasi untuk mencapai tujuan tersebut. Buatlah konflik yang mencegah karakter mendapatkan tujuannya, sehingga Anda akan memiliki awal cerita yang baik dan menarik.
            d. Membuat plot cerita. Buatlah garis besar novel Anda. Ide akan memudar, apalagi bila menunggu terlalu lama untuk munculnya ide lain.  Apa yang pernah Anda pikirkan begitu bagus bisa menghilang dalam sekejap jika garis besar novel tidak segera dibuat. Biasakan untuk membawa laptop atau buku catatan setiap saat. Segera tulis ide-ide yang baru datang. 
           e. Banyak membaca. Anda tidak dapat menulis dalam ruang hampa. Bacalah novel remaja dan dewasa muda sebanyak mungkin. Pergilah ke toko buku terdekat untuk melihat jenis novel remaja apa yang dijual. Dengan membaca novel remaja populer, Anda akan mendapatkan gagasan tentang bagaimana menulisnya. 
           f. Bergabung di kelompok penulis. Anda bisa bergabung dengan kelompok penulis, sehingga penulis lain dapat memberikan umpan balik pada novel Anda dan mungkin akan menangkap inkonsistensi dalam cerita, kesalahan mengetik, atau kesalahan tata bahasa. Kelompok ini akan menjadi tempat belajar untuk terus memperbaiki karya-karya berikutnya. 
(diambil dari Tips Menulis)
4 comments on "[Writter] Pingin jadi Penulis?"
  1. pengen...tapi kalo aku mungkin targetnya sudah bukan remaja lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... semi dewasa-remaja aja, mba..

      kayak aku.. antara remaja-dewasa dikit...hihi...

      Delete
  2. *angguk2
    Walau belum pernah nulis novel,...ga pede .___.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipede2in, mba.. Saya aja dipede2in kok, walaupun nggak pernah selesai.. ^_^

      Delete

Feel free to leave comments ya :)
Any comments about anything, except SPAM is welcome.

Thank you for visiting, kawan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Custom Post Signature

Custom Post  Signature